Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kucing Sangat Menyukai Kardus?

KOMPAS.com - Sepertinya, kecintaan kucing pada kardus sudah bukan rahasia lagi.

Saking cintanya, kucing bisa melakukan berbagai hal dengan kardus, mulai dari bersembunyi, memainkannya, bahkan tidur di dalam sana.

Melihatnya memang menggemaskan, namun, terkadang kita bertanya-tanya apa penyebab kucing begitu menyukai kardus.

Nah, melansir Comfort Zone, berikut alasannya.

Kardus dapat menjadi tempat persembunyian yang baik

Kardus bisa menjadi tempat persembunyian sempurna, membuat mangsa atau incarannya tak akan menyadari kehadiran kucing.

Karena itu, jika memiliki banyak kucing di rumah, tak jarang seekor kucing akan bersembunyi di dalam kardus dan menunggu kucing lain lewat untuk mengagetkannya.
.
Jadi, jangan heran jika sebelum “menyerang” kucing lain atau pergelangan kaki kita, kucing akan bersembunyi dulu di sebuah kardus.

Kardus membuat kucing merasa nyaman

Karena memiliki empat buah dinding mengelilinginya, tentu kardus akan membuat hewan lain yang mengincar kucing kita sulit mendekat.

Kardus yang sempit dan hangat pun mungkin akan mengingatkan kucing dengan kehangatan dari induknya dulu. Jadi, kardus juga dapat membantu mengurangi stres kucing,

Bahkan faktanya, dalam sebuah studi terkait clicker training pada kucing yang dilakukan oleh peneliti Gourkow dan Phillips pada 2016, ditemukan bahwa saat kucing dipertemukan dengan sebuah kardus, tingkat stres kucing pun menurun.

Artinya, saat kita membawa seekor kucing ke rumah untuk pertama kalinya, sebuah kardus bisa menjadi benda yang wajib dimiliki. Dengan kardus, kucing akan merasa lebih betah dan tingkat stresnya pun bisa berkurang.

Menjaga kucing tetap hangat

Suhu normal kucing berkisar antara 37,5°C hingga 39,1°C.

Nah, kardus pun akan memberikan insulasi yang membantu kucing mempertahankan panas tubuhnya.

Insulasi dari kardus ini adalah sesuatu yang diinginkan kucing saat kucing berada di luar ruangan. Apalagi, di luar sana, kardus kerap dijadikan tempat kucing berlindung dari perubahan cuaca.

Bahkan, jika kucing terus berada dalam rumah, ia masih merasakan kebutuhan naluriah untuk berlindung. Jadi, tak heran kan kalau kucing sangat menyukai kardus?

Kardus dianggap “baru” dan misterius

Kucing sangat menyukai eksplorasi. Karena itu, tak mengherankan bila kucing sangat bahagia ketika kita membawa sesuatu yang baru ke rumah, entah itu sebuah mainan, tas belanja, atau kardus.

Kucing pun akan menganggapnya sebagai suatu landmark baru dan menjelajahinya, dan mengecek apakah tubuhnya bisa masuk ke dalam kardus itu adalah salah satu cara kucing “menjelajahinya.”

Faktor "benda baru” ini juga mungkin menjelaskan mengapa kucing sangat menyukai kertas atau tas. Kertas yang diremas dan kusut atau tas memang dapat membuat kucing tertarik karena memberinya kesempatan untuk menjelajahinya.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah video yang dibuat organisasi Big Cat Rescue pada beberapa tahun lalu, di mana mereka merekam reaksi kucing-kucing besar terhadap beberapa kotak kardus besar yang ditempatkan di tempat perlindungannya.

Menariknya, kucing-kucing besar itu bertindak seperti kucing peliharaan kita di rumah.

Mulai dari macan tutul yang tidur di dalam kotak hingga harimau yang menggunakan kotak itu untuk bermain “sneak attack” (bersembunyi dan “menyerang” sesamanya).

Sangat lucu melihat kucing-kucing besar memiliki reaksi yang sama dengan saudara jauhnya yang lebih kecil. Hal ini menunjukkan bahwa terlepas dari ukurannya, kucing tetaplah kucing, sekaligus mengindikasikan bahwa kecintaan ras kucing pada kardus itu naluriah.

Membuat kardus lebih aman dan menarik

Meski tak ada yang salah dengan kecintaannya pada kardus, kita bisa lho membuat kardus lebih aman dan nyaman bagi kucing.

Misalnya, sebelum memberi kucing kardus, cobalah untuk mengecek apakah ada staples atau tape yang tertinnggal. Jika tak hati-hati, staples dan tape ini dapat melukai atau merusak bulu kucing.

Lalu, cobalah untuk menaruh kardus di atas permukaan yang kokoh dan rata, sehingga kardus tak mudah jatuh. Artinya, lantai adalah tempat menaruh kardus yang baik.

Kita juga bisa menaruh kardus di area yang sedikit tertutup dan jarang dilewati orang jika kucing kita sedikit pemalu.

Jika ingin membuat kardus lebih nyaman dan “terbuka” bagi kucing, kita bisa menambahkan alas berupa selimut empuk dan hangat serta memasukkan mainan favorit kucing kita ke dalamnya.

Memasang sebuah diffuser menenangkan yang cocok untuk kucing pun bisa makin menarik perhatian kucing.

Perlu diingat, diffuser yang menenangkan akan melepaskan uap bebas obat dan tidak berbau yang meniru feromon yang dilepaskan kucing, menunjukkan area aman dan terlindungi, sehingga kcing merasa nyaman di dalamnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/24/190345820/mengapa-kucing-sangat-menyukai-kardus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke