Salin Artikel

3 Latihan yang Dapat Dilakukan Setelah Makan Terlalu Banyak

Apalagi di musim liburan ini kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan tergiur untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung karbohidrat, serta lemak.

Nah, untuk mengatasi peningkatan berat badan yang tidak diinginkan dan menghindari sejumlah penyakit akibat terlalu banyak makan, berikut ada beberapa latihan yang dapat dilakukan.

1. Yoga

Yoga bisa menjadi salah cara untuk membuat perut bergerak dan mengurangi kembung karena kekenyangan dalam 15 menit.

Instruktur yoga, Tamal Dodge merekomendasikan dua pose yoga yang mudah, khususnya, yang dapat kita lakukan untuk membantu pencernaan dan meningkatkan tingkat energi.

Yang pertama adalah "easy pose" atau sukhasana. Untuk memulai latihan ini setelah makan terlalu banyak, duduklah dengan menyilangkan kaki di lantai atau di atas bantal meditasi jika ada.

"Letakkan tangan di lutut, tarik perut, dan angkat dada, putar bahu ke belakang dan ke bawah. Kemudian tutup mata selama satu hingga dua menit," kata dia.

Yoga yang kedua adalah anuloma viloma atau latihan pernapasan hidung alternatif.

Cara melakukannya dimulai dengan duduk dengan pose sukhasana lalu letakkan tangan kiri di lutut kiri, buka telapak tangan kanan, dan tarik ke bawah jari telunjuk dan jari tengah kanan.

Setelah itu, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri yang terbuka.

Pada bagian atas tarik napas, tutup lubang hidung kiri dengan jari manis dan kelingking, sehingga kedua lubang hidung tertutup.

Berhenti sebentar, lalu pindahkan ibu jari kanan dari lubang hidung kanan dan hembuskan dari lubang hidung kanan.

Buka lubang hidung kanan dan tarik napas melalui lubang hidung kanan. Di atas tarik napas, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari dan jeda.

Buang napas dari lubang hidung kiri dan tarik napas melalui lubang hidung kiri. Kemudian tutup dan hembuskan keluar dari kanan.

"Teruslah seperti ini, tarik dan hembuskan napas dari setiap lubang hidung selama satu menit. Ulangi dua hingga tiga kali," ungkap dia.

Ada pun menurut seorang ahli gastroenterologi di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Ed Levine, yoga terbukti dapat menurunkan stres dan kecemasan.

Di samping itu, yoga mampu meningkatkan relaksasi di antara para peserta karena respons menenangkan yang dipicu oleh yoga dapat membantu mendorong tubuh untuk beristirahat dan mencerna.

2. Berjalan kaki

Selain yoga, cara termudah lainnya untuk membuat tubuh kita menjadi lebih baik setelah banyak makan adalah dengan melakukan beberapa latihan kardio yang berdampak rendah seperti berjalan kaki.

Pelatih dan pendiri Brooklyn Bridge Boot Camp yang berbasis di New York City, Ariane Hundt, pun mengungkapkan bahwa berjalan kaki adalah olahraga yang baik setelah makan terlalu banyak.

Hal ini disebabkan karena penelitian menunjukkan jalan kaki dapat membantu mempercepat waktu yang dibutuhkan makanan untuk berpindah dari lambung ke usus kecil.

Dan pencernaan yang lebih cepat telah dikaitkan dengan tingkat gejala heartburn maupun asam lambung yang lebih rendah setelah kita mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Berfokus pada latihan perut

Setelah kita terlalu banyak makan, hal terakhir yang mungkin ingin kita lakukan adalah lebih fokus pada bagian tengah tubuh untuk mengatasi kembung atau sakit perut.

Melakukan latihan perut setelah makan terlalu banyak juga dapat membantu meringankan tekanan.

Sebab, menurut ahli gastroenterologi dan profesor di Touro College yang berbasis di New York, Niket Sonpal, otot perut yang kuat dapat membantu memastikan pergerakan usus yang sehat.

Ditambah lagi, perut yang kuat cukup penting untuk setiap aktivitas yang kita lakukan.

Bagi yang tidak biasa melakukan crunch atau plank itu tidak jadi masalah.

Cobalah untuk memilih beberapa latihan perut terbaik selama lima menit setelah makan terlalu banyak.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/25/180000820/3-latihan-yang-dapat-dilakukan-setelah-makan-terlalu-banyak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.