Salin Artikel

Bisa Ditiru, Kebiasaan Manusia di Zona Biru yang Memperpanjang Usia

Pakar umur panjang dan fellow di National Geographic, Dan Buettner memelajari kehidupan sehari-hari centenarian (orang-orang yang memiliki umur lebih dari 100 tahun) yang tinggal di zona biru.

Blue Zone adalah wilayah di dunia di mana orang hidup dalam waktu lama.

Wilayah yang termasuk zona biru meliputi Ikaria (Yunani), Okinawa (Jepang), Ogliastra Region (Sardinia, Italia), Loma Linda (California, AS), dan Nicoya Peninsula (Kosta Rika).

Buettner menemukan, orang-orang yang tinggal di zona biru cenderung berolahraga lebih banyak daripada kebanyakan orang di belahan dunia lain.

Namun olahraga ini bukan berarti kita harus pergi ke pusat kebugaran setiap hari, melainkan bagaimana mengatur lingkungan kita sedemikian rupa agar kita terus bergerak dan melatih otot.

Nah, berikut empat strategi untuk memperpanjang usia dengan banyak bergerak, ala centenarian di zona biru.

1. Meletakkan sepatu di dekat pintu depan

Meletakkan sepatu yang mudah dipakai di dekat pintu akan mendorong kita untuk lebih sering berjalan-jalan ke luar rumah.

2. Membuat rencana latihan dengan teman

Ketika kita membuat rencana olahraga seorang diri, lebih mudah bagi kita untuk menunda atau membatalkan olahraga tersebut.

Namun beda halnya jika kita membuat rencana olahraga bersama teman. Kemungkinan kita untuk membatalkan latihan menjadi jauh lebih kecil.

Buettner menyarankan untuk membuat komitmen olahraga yang dapat dicapai bersama seorang teman sehingga kita berdua termotivasi untuk berolahraga.

3. Adakan rapat sembari berjalan

Bekerja jarak jauh mengharuskan kita untuk lebih banyak duduk dan mengikuti rapat atau pertemuan secara virtual.

Menurut Buettner, cobalah mematikan kamera pada perangkat yang kita gunakan, pasang headphone dan mulailah berjalan kaki ketika kita sedang mengikuti rapat virtual.

Dengan demikian, kita tetap dapat mengikuti jalannya rapat namun kita juga lebih sehat dengan berjalan kaki.

4. Menikmati olahraga yang disukai

Faktor utama dalam mencapai umur panjang adalah menikmati olahraga yang kita sukai.

Sebagai contoh, jangan memaksa untuk lari maraton karena kita diharuskan menjalani olahraga tersebut.

Temukan olahraga yang kita sukai, entah mendaki gunung, yoga, bersepeda, atau berenang.

Cara ini akan memudahkan kita untuk memertahankan kebiasaan berolahraga dalam waktu lama.

Para centenarian yang tinggal di blue zone menjalani kehidupan dengan pergerakan yang konstan, berjalan kaki di taman, di pantai, atau berjalan menuju tempat kerja.

Kendati gaya hidup kita berbeda dari orang-orang di blue zone, jangan urungkan niat untuk tetap aktif bergerak demi memperpanjang usia kita.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/03/140000520/bisa-ditiru-kebiasaan-manusia-di-zona-biru-yang-memperpanjang-usia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.