Salin Artikel

Mengapa Kucing Terobsesi dengan Sepatu Kita?

KOMPAS.com - Para pemilik kucing mungkin sudah terbiasa melihat berbagai kelakuan unik peliharannya, seperti suka berada di tempat tinggi, mengejar ekornya sendiri, atau nampak terobsesi pada sepatu.

Ya, tak jarang kita akan melihat kucing mengendus, memukuli, dan tidur di atas atau di dekat sepatu. Bahkan, ada beberapa kucing yang nekat memindahkan sepatu majikannya atau menyembunyikannya di suatu tempat.

Obsesi kucing pada sepatu ini rupanya bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Berikut beberapa alasannya.

Bau yang familiar bagi kucing

Bagi kucing, indra penciuman adalah indra terpenting. Penciuman kucing 14 kali lebih tajam dari manusia karena memiliki reseptor penciuman dua kali lebih banyak dari manusia.

Tak hanya itu, kucing juga memiliki satu organ spesial bernama organ Jacobson yang terletak di langit-langit mulutnya. Nah, organ ini membuat kucing dapat “merasakan” bau dan feromon di udara, memberi kucing berbagai informasi terkait orang-orang dan hewan lain di sekitarnya.

Kucing memang selalu ingin tahu dan akan menyelidiki bau baru, namun, kucing juga akan mencari bau yang akrab baginya dan membuatnya merasa aman dan nyaman. Hal inilah yang ditemukan kucing pada sepatu kita.

Mengklaim daerah kekuasaan

Kucing sebenarnya membuat dan mengeluarkan feromon unik di seluruh jaringan tubuhnya, termasuk di pipi.

Karena itu, saat kucing menggesek-gesekkan wajahnya pada kita atau objek lain, artinya kucing meninggalkan “jejak,” seakan mengatakan: “Saya pernah ke sini sebelumnya. Ini willayahku dan membuatku aman.”

Kucing akan selalu berada di dekat sesuatu yang tercium seperti dirinya atau sesuatu yang disukainya. Jadi, tidur di sepatu kita adalah cara kucing mengungkapkan rasa sayang dan mengatakan kalau kita membuatnya nyaman.

Nyaman

Tidur di sepatu rupanya bukan hanya menjadi cara kucing untuk mengungkapkan kasih sayangnya pada kita. Namun, benda-benda yang berbau seperti kita, mulai dari pakaian, sepatu, hingga selimut, dapat membuat kucing merasa nyaman dalam situasi stres.

Tidur di atas sepatu pun bisa menjadi metode menenangkan diri bagi kucing saat kita tak ada di rumah.

Karena itulah, hal ini bisa menjadi alasan mengapa terkadang kucing membawa sepatu kita ke tempat lain. Mungkin, kucing menganggap sepatu kita itu sebagai sebuah selimut yang menjamin keamanannya

Lalu, jika sedari kecil kucing diberi susu melalui botol, bukan tak mungkin kucing akan menggigiti sepatu atau kaus kaki kita. Hal ini disebabkan karena kucing dipisahkan dari induknya terlalu cepat.

Akibatnya, kucing memiliki kebiasaan baru: menggigit dan menyusu pada sesuatu yang memiliki bau seperti pemiliknya. Perilaku ini merupakan cara kucing menenangkan dirinya, dan sepatu adalah benda yang paling mudah dijangkau kucing.

Nah, berikut ini ada cara untuk mengambil kembali atau mencegah sepatu kita ditiduri kucing.

Simpan dan jauhkan sepatu dari kucing

Mencegah kucing mendapat akses ke sepatu kita akan jauh lebih mudah dibandingkan mencoba menghentikannya mengambil sepatu.

Jadi, taruh sepatu di tempat yang jauh dari jangkauan kucing, seperti dalam sebuah lemari atau kotak plastik tertutup.

Namun perlu diingat, kucing pandai memanjat. Jadi, menaruhnya begitu saja di lemari tinggi tak cukup untuk menjauhkan sepatu dari jangkauan kucing.

Alihkan perhatian

Jika menghalangi akses kucing pada sepatu tidak manjur, mungkin kita bisa mengalihkan perhatian kucing pada benda lain yang tercium seperti kita. Contohnya, T-shirt atau kaus kaki lama.

Lalu, jika kucing tertangkap basah mencoba mencuri sepatu kita, cobalah untuk tidak mengejutkannya dengan berteriak atau bertindak dengan cara yang terlihat agresif.

Tindakan ini hanya akan mengejutkan kucing. Bahkan, jika kucing menjatuhkan sepatunya karena khawatir, kucing mungkin tidak sepenuhnya mengerti mengapa kita begitu kesal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/05/155353620/mengapa-kucing-terobsesi-dengan-sepatu-kita

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.