Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Sarapan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol

KOMPAS.com – Sarapan sehat dan seimbang merupakan hal penting untuk memulai aktivitas harian. Pasalnya, sarapan membantu tubuh memproduksi energi yang berguna untuk memulai hari.

Pusat medis akademik nonprofit Cleveland Clinic menyebutkan, selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga berguna untuk menurunkan diabetes dan meningkatkan kesehatan jantung.

Untuk itu, seseorang dianjurkan sarapan dengan memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Utamanya bagi para penderita kolesterol atau yang telah hidup berdampingan dengan kolesterol tinggi.

Melansir Eatthis.com, Sabtu (1/1/2022), penulis di Go Wellness, Courtney D'Angelo merekomendasikan beberapa tips sarapan yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

1. Makan lemak sehat

D'Angelo mengatakan, memilih jenis lemak yang tepat untuk sarapan bisa berdampak besar pada kadar kolesterol dalam tubuh.

"Cobalah untuk membatasi lemak jenuh yang biasa ditemukan dalam produk susu, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan. Sebab, makanan ini dapat meningkatkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat," katanya.

Dia pun menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi asupan lemak sehat, contohnya kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan unsaturated oils atau minyak tak jenuh.

2. Makan lebih banyak serat larut

Menurut D'Angelo mengonsumsi makanan cukup serat, terutama serat larut, diklaim dapat menyeimbangkan kadar kolesterol.

"Serat larut, seperti yang ditemukan dalam oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya 5 sampai 10 gram (gr) serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol LDL total dalam tubuh," katanya.

Jadi, ketika Anda memutuskan akan membuat menu untuk sarapan, cobalah mengambil semangkuk oatmeal dan menambahkan makanan kaya serat ekstra seperti apel atau buah beri.

3. Konsumsi asam lemak omega 3

Tak hanya makan cukup serat, D'Angelo menyebut bahwa mengonsumsi asam lemak omega 3 secara tidak langsung dapat memengaruhi kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

"Asam lemak ini dapat mengurangi trigliserida. Ini merupakan jenis lemak yang ditemukan dalam darah, serta membantu mengurangi tingkat tekanan darah seseorang," imbuh D'Angelo.

Adapun cara sederhana untuk mendapatkan asam lemak omega 3 yang cukup adalah dengan mengonsumsi kenari atau biji rami.

Anda bisa memasukkan jenis makanan ini sebagai pelengkap yogurt, oatmeal, atau mencampurnya menjadi smoothie.

4. Menambahkan whey protein

Menambahkan bubuk whey protein saat sarapan diklaim sebagai salah cara untuk menurunkan kadar kolesterol.

"Protein yang dikonsumsi sebagai suplemen telah terbukti menurunkan kadar LDL dan kolesterol total, serta menurunkan tekanan darah," ujar D'Angelo.

Apabila ingin mencobanya, Anda bisa mengikuti kiat dari D'Angelo dalam mengonsumsi whey protein di pagi hari, yaitu dengan menambahkan oatmeal dan buah beri.

Itu tadi empat tips sarapan sehat yang dapat menurunkan kolesterol. Jika ingin memulai hidup sehat dan jauh dari berbagai penyakit, Anda bisa memulainya dari konsumsi makanan bergizi seimbang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/06/060600520/4-tips-sarapan-sehat-untuk-menurunkan-kolesterol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke