Salin Artikel

7 Spa Paling Eksotis di Asia, Ada Onsen hingga Terapi Cokelat

KOMPAS.com - Merilekskan dan memanjakan tubuh dengan spa di akhir pekan memang terasa nikmat.

Apalagi bila spa dilakukan di tempat terbaik yang mampu menghilangkan stres akibat beban pekerjaan maupun untuk healing.

Saat ini di berbagai negara, spa sudah mengalami perkembangan yang pesat.

Dengan beragam teknologi dan metode yang dikembangkan, lambat laun orang-orang mulai menjadikan spa sebagai bagian dari gaya hidup.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa bebas memilih spa. Pasalnya, masing-masing spa punya tujuan dan metode yang berbeda.

Dari banyaknya spa yang ada di dunia, khususnya di kawasan Asia, ada 7 spa paling eksotik yang bisa kamu coba.

Apa sajakah itu? Simak daftarnya yang berikut ini!

Istilah onsen secara harfiah diterjemahkan menjadi 'penyembuhan dengan air panas' yang mengacu pada nilai-nilai obat dalam balneoterapi.

Ada pun, balneoterapi adalah metode perawatan dengan memanfaatkan air panas yang mengandung belerang dan gas lumpur vulkanis.

Berendam di mata air panas yang menenangkan di ryokan -sebutan penginapan Jepang- memungkinkan tubuh menyerap khasiat penyembuhan dari air yang kaya mineral.

Onsen dipercaya mampu meredakan nyeri sendi, mengendurkan otot yang lelah, meningkatkan kualitas kulit dan sirkulasi darah, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Spa yang disebut-sebut populer bagi masyarakat perkotaan ini muncul sebagai terapi modern, walau keberadaannya sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu.

Berbeda dengan onsen yang memanfaatkan air sebagai media spa, sound bathing justru tidak menggunakan air melainkan hanya nada suara.

Getaran menenangkan yang dihasilkan oleh instrumen, seperti mangkuk nyanyian Tibet, gong, lonceng angin, dan mangkuk kristal akan menenangkan indra dan membuat manajemen stres lebih baik.

Saat gelombang suara dan getaran melewati tubuh, seseorang bisa merasa tenang dan benar-benar santai.

Sound bathing juga dianggap sebagai manfaat kesehatan yang meringankan untuk tubuh.

Cara melakukan sound bathing cukup mudah. Seseorang tinggal menutup mata dan membenamkan diri dalam getaran di studio santai yang remang-remang.

Ketika suara mulai masuk, stres akan meninggalkan tubuh dan pikiran sehingga seseorang menjadi satu dengan dirinya sendiri dan lingkungan.

Durasi menjalani sound bathing berbeda-beda. Biasanya, sesi perorangan berlangsung selama satu jam, tergantung pada sesi yang sipilih.

Sound bathing mulai populer di kalangan banyak orang karena dipercaya dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Bahkan, menurut studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam American Journal of Health Promotion, sound bathing teratur juga dapat mengurangi tekanan darah sistolik.

Ia akan dibiarkan terapung dengan badan yang ringan di air dan bersantai dalam keheningan total.

Walau metode terapi mengapung ini terlihat sederhana, faktanya terapi mengapung adalah salah satu perawatan tubuh yang paling mewah.

Saat mengapung di air, tubuh akan diberi kandungan air jenuh garam Epsom setinggi sekitar 12 inci di dalam pod, yang disetel pada suhu permukaan kulit.

Ini membuat seseorang merasa tidak berbobot, fokus pada detak jantung, dan bisa mengatur pernapasan.

Selain itu, terapi mengapung juga cocok untuk menghilangkan stres, kecemasan, hipertensi, menenangkan indra dan pikiran.

Manfaat ini tentunya baik bagi stimulasi saraf, sinkronisasi otak, dan banyak lagi.

Para ahli berpandangan bahwa keadaan relaksasi total yang begitu tinggi tidak terjadi sampai 30 menit pertama, tetapi efeknya dapat bertahan selama lebih dari satu hari.

Bahkan, terapi mengapung direkomendasikan sebagai obat jangka pendek untuk kecemasan dan depresi.

Hal ini dikemukakan oleh seorang neuropsikolog klinis dan direktur Float Clinic and Research Center di Laureate Institute for Brain Research, Dr. Justin Feinstein.

Hamam yang berasal dari Timur Tengah, disebut sebagai akar terapi spa yang dapat ditelusuri hingga ke Turki dan Maroko.

Di ruang sauna uap atau Hammam, tellak atau petugas akan menuangkan air ke tubuh terlebih dahulu.

Selanjutnya, ia akan mengoleskan sabun hitam yang dapat mengelupas kulit dengan sarung tangan kessa.

Perawatan ini bisa menghilangkan kotoran, membuka pori-pori, dan mengelupas sel-sel mati agar kulit bercahaya.

Unsur-unsur bergizi dari exfoliator, sering dikombinasikan dengan mandi lumpur untuk memperkaya tubuh dengan mineral.

Sedangkan pijat yang digunakan dalam spa ini dapat mengurangi nyeri sendi dan otot-otot stres untuk efek menenangkan secara keseluruhan.

Tubuh yang terendam selama terapi cokelat akan merasakan efek yang menenangkan.

Coklat yang berguna mengelupas kotoran, kaya nutrisi, dan sebagai pelembab cocok untuk pijat tubuh, pedikur, manikur, perawatan wajah, dan penghilangan rambut.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika spa cokelat sangat populer dan disebut sebagai salah satu spa yang paling mewah dan premium.

Meskipun praktik menggunakan kristal telah ada selama berabad-abad, metode ini kembali menjadi terkenal ketika Victoria Beckham dan Kate Hudson menyukainya.

Selain meningkatkan kesejahteraan mental dan ketenangan, kristal dan batu permata dapat meningkatkan energi penyembuhan.

Sementara itu, menempatkan kristal pada titik-titik tekanan dan mendapatkan pijatan mampu mengurangi stres dan nyeri sendi.

Untuk jenis batu yang biasa digunakan ada kuarsa mawar untuk meningkatkan cinta diri, kebajikan, kebahagiaan dan kasih sayang.

Atau batu sementara Lapis Lazuli yang bermanfaat untuk mengenal dan membuat dkri sendri bebas, serta dapat meningkatkan kekebalan.

Terapi ini berakar pada pengobatan Tiongkok kuno dan dijadikan pengobatan alternatif.

Akupunktur bisa memberikan kelegaan dan menyembuhkan penyakit dengan memasukkan jarum tipis ke area yang perlu dirawat.

Pakar akupunktur akan memeriksa area tersebut dan memasukkan jarum kecil ke dalam kulit.

Jumlah jarum kecil tergantung pada bagian tubuh dan intensitas nyeri.

Jarum yang ditusuk akan mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa area tersebut terpengaruh dan sel-sel kekebalan harus bertindak berdasarkan itu.

Perawatan kesehatan memiliki beberapa efek positif dalam membantu mereka yang menderita sakit kronis, insomnia dan migrain, di antara penyakit lainnya.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan praktisi berlisensi sebelum memilih perawatan ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/11/141654220/7-spa-paling-eksotis-di-asia-ada-onsen-hingga-terapi-cokelat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.