Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nuansa Hutan Birch Putih di Jepang pada Kreasi Baru Grand Seiko

KOMPAS.com - Pada tahun 2021, Grand Seiko memperkenalkan arloji bernama Heritage Hi-Beat White Birch.

Arloji ini terinspirasi dari pohon birch putih atau Betula platyphylla yang indah di dataran tinggi Hiraniwa, sisi utara Jepang.

Kemunculan Heritage Hi-Beat White Birch ketika itu mendapat sambutan yang hangat dari penggemar horologi di seluruh dunia karena kerumitan tekstur pada bagian dial, serta mesin kaliber 9SA5 yang revolusioner.

Berkat desain yang indah itulah, arloji besutan sister company Seiko ini terpilih sebagai pemenang Men's Watch Prize dalam ajang Grand Prix d'Horlogerie de Geneve 2021.

Kali ini, kreasi baru Grand Seiko Spring Drive White Birch yang ditenagai mesin kaliber 9RA2 juga terinspirasi dari desain Heritage Hi-Beat White Birch.

Namun pada model Spring Drive, pembuat jam menggemakan nuansa hutan di kawasan Shinshu, tempat di mana setiap arloji Grand Seiko Spring Drive dibuat di Shinshu Watch Studio.

Keahlian pengrajin Grand Seiko terlihat dalam setiap detail arloji.

Dial bertekstur halus dan jarum detik biru tua tampak serasi dengan finishing mesin "frost" yang bisa disaksikan melalui kaca kristal safir di bagian cangkang belakang.

Tekstur halus pada finishing di bagian mesin seolah-olah mencerminkan embun beku musim dingin yang menempel di pepohonan di Shinshu.

Garis pada bridge dan tepi lubang didesain membentuk potongan berlian (diamond-cut) untuk memantulkan cahaya dari segala sudut.

Sementara itu, indikator cadangan daya diwarnai biru untuk menggambarkan ketenangan yang menyenangkan.

Mesin kaliber 9RA2 menawarkan cadangan daya hingga 120 jam dan memiliki tingkat akurasi hingga lebih kurang 10 detik per bulan.

Namun, Spring Drive White Birch juga merupakan langkah maju dalam desain Grand Seiko.

Dikenal sebagai "Grand Seiko Evolution 9 Style", konsep desain ini mewakili ideologi Grand Seiko tentang keindahan, keterbacaan, dan kenyamanan sebuah arloji ke tingkat yang baru.

Permukaan cangkang yang dipoles dengan metode pemolesan Zaratsu (Zaratsu polishing), disertai hairline yang halus memberikan kesan tenang dan harmonis.

Jarum (hand) yang kokoh dan indeks menonjol dirancang untuk memastikan keterbacaan waktu yang sempurna.

Terakhir, tali bermodel rantai memiliki lebar dan ketebalan yang pas guna memastikan Spring Drive White Birch dapat disematkan dengan nyaman di pergelangan tangan.

Grand Seiko Spring Drive White Birch akan tersedia di Grand Seiko Boutiques dan toko retail terpilih di seluruh dunia pada Februari 2022.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/13/181146720/nuansa-hutan-birch-putih-di-jepang-pada-kreasi-baru-grand-seiko

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.