Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komik yang Berisi Penampilan Pertama Superman Terjual Seharga Rp 45 M

KOMPAS.com - Superman merupakan salah satu karakter superhero yang pertama kali muncul dalam komik Action Comics No. 1 pada tahun 1938. 

Sekarang, salinan Action Comics No. 1 itu telah dijual seharga 3,18 juta dollar AS atau sekitar Rp 45 miliar dalam sebuah lelang.

Tentu saja, komik ini menjadi buku komik termahal ketiga yang pernah dibeli dengan harga yang sangat fantastis.

Diketahui, penjualan komik tersebut dilakukan oleh rumah lelang Goldin Auctions atas nama klien pribadinya.

Adapun salinan dari komik DC itu disebut dengan "The Rocket Copy" karena menampilkan stempel roket yang ditempatkan oleh seorang anak berusia 13 tahun yang membeli terbitan tersebut dari kios koran pada tahun 1938.

Ini adalah pertama kalinya "The Rocket Copy" dari Action Comics No. 1 dilelang. 

"Sangat menyenangkan bisa menawar dan memenangkan item seharga lebih dari 3 juta dollar AS (Rp 42 miliar). Saya tahu ini akan menjadi [rumah lelang] yang luar biasa," tulis Ken Goldin, perwakilan dari Goldin Auctions dalam akun Twitter-nya.

"Hubungi saya jika ingin mengirimkan komik-komik DC (Elite Comics) untuk dilelang pada bulan Februari, kami pasti memiliki pembeli kelas atas," tambah dia.

Salinan komik tersebut juga telah menerima penilaian 6.0 CGC.

Bahkan, beberapa di antaranya telah terjual dengan penilaian yang lebih besar yakni 8,5 CGC dan mencapai harga hingga 3,25 juta dollar AS atau Rp 46 miliar di pelelangan pada April 2021.

Sementara itu, ada juga yang diberi peringkat 9,0 dan dijual seharga 3,2 juta dollar AS atau Rp 45,8 miliar pada Agustus 2014.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/17/220900820/komik-yang-berisi-penampilan-pertama-superman-terjual-seharga-rp-45-m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke