Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali, Manfaat Likopen bagi Kesehatan Tubuh dan Sumber Terbaiknya

Padahal, likopen justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama ini juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Nah, lebih lanjut, mari kita mengenal apa itu likopen, apa saja manfaat-manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, dan bagaimana cara kita menemukannya sebagai berikut.

Mengenal likopen

Likopen adalah karotenoid yang ditemukan dalam produk tanaman merah, merah muda, dan oranye, terutama tomat merah.

Seperti semua karotenoid, likopen adalah fitonutrien yang kuat (alias nutrisi tanaman) dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Likopen biasanya dapat ditemukan dalam buah-buahan segar atau kalengan, serta makanan ringan yang telah dijemur.

Walaupun perlu dicatat bahwa buah atau sayuran apa pun yang telah diproses menggunakan panas atau kulit dan bijinya dibuang akan mengandung lebih sedikit likopen.

Selain itu, kita juga dapat menemukan likopen dalam formula suplemen berkualitas tinggi dalam jumlah miligram.

Ragam manfaatnya

Bagi yang belum tahu, likopen memiliki berbagai macam manfaat untuk sistem fisiologis dalam tubuh, termasuk mata, jantung, kulit, dan banyak lagi.

• Kesehatan jantung

Penelitian klinis telah menunjukkan bahwa asupan likopen melalui makanan (tomat khususnya) dan suplemen dapat menyehatkan jantung.

Mengonsumsi tomat dan produk tomat juga bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan peradangan, serta meningkatkan aliran darah.

Sementara suplementasi likopen telah terbukti mampu meningkatkan tekanan darah sistolik yang sehat.

"Asupan makanan tinggi likopen telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung," jelas ahli diet, Jess Cording.

Dia pun menambahkan bahwa ada banyak penelitian tentang kemampuan likopen untuk meningkatkan kesehatan jantung pada pria dan wanita dengan kebutuhan dukungan kesehatan kardiovaskular yang terfokus.

• Baik untuk kulit

Kita mungkin telah mengetahui bahwa penggunaan vitamin C topikal atau serum antioksidan pada kulit dapat memperlambat penuaan secara alami dan mengurangi garis-garis halus maupun kerutan.

Ternyata, para peneliti telah menemukan bahwa likopen dan beta-karoten — karotenoid utama (alias antioksidan) — yang ditemukan di kulit dan plasma sering digunakan dalam produk perawatan kulit.

Selain menjaga kesehatan kulit, dosis likopen terkonsentrasi juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Jika kita bertanya-tanya apakah mengonsumsi tomat selama musim panas adalah pengganti alami untuk tabir surya, penting untuk dicatat bahwa likopen menawarkan perlindungan matahari minimal (atau kurang dari 2 SPF).

"Likopen telah terbukti membantu dalam melindungi dari paparan sinar matahari, tetapi tidak sampai pada tingkat yang dianggap sebagai pengganti tabir surya atau menghindari sinar matahari," ujar Cording.

• Kesehatan dan ketajaman mata

Kita mungkin pernah mendengar bahwa wortel baik untuk mata di beberapa titik.

Ternyata, beta-karoten tidak memonopoli manfaat kesehatan itu dan ada karotenoid lain yakni likopen yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan ketajaman visual.

Ingat, likopen memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi stres oksidatif yang keduanya berkontribusi pada kesehatan dan fungsi mata kita.

Di samping itu, likopen telah terbukti mendukung penglihatan pada orang dewasa yang menua sehingga kita dapat mengonsumsi karotenoid ini sampai lanjut usia nanti.

• Melindungi otak dan saraf

Bukti menunjukkan, likopen dan karotenoid lainnya memainkan peran pendukung dalam kesehatan otak dan perlindungan saraf.

Penelitian menunjukkan, likopen dapat meningkatkan kognisi dan memori, sebagian besar karena sifat antioksidan dan kemampuannya untuk mengurangi stres oksidatif dalam jaringan.

Efek neuroprotektifnya juga termasuk membantu untuk menyeimbangkan kadar sitokin (protein yang memberi sinyal pada sistem kekebalan tubuh).

Asupan makanan yang lebih tinggi likopen juga telah dikaitkan dengan pemeliharaan kesehatan kognitif saat penuaan.

Dan banyak penelitian menunjukkan, fitonutrien ini membantu menyeimbangkan stres oksidatif seiring bertambahnya usia.

• Menjaga kesehatan tulang

Selain vitamin D dan kalsium, likopen ternyata juga berperan dalam kesehatan tulang dan mendukung sistem kerangka kita.

Studi nutrisi menunjukkan, diet tinggi buah dan sayuran — terutama produk yang kaya antioksidan — memiliki efek positif pada status mineral tulang.

Lalu, sebuah studi yang spesifik tentang likopen juga mengungkapkan bahwa peningkatan asupan likopen menghasilkan peningkatan kandungan mineral tulang total tubuh (BMC) dan kepadatan mineral tulang (BMD), dua ukuran pencitraan kesehatan tulang.

Sementara kepadatan mineral tulang yang cukup penting di segala usia, likopen adalah fitonutrien yang sangat penting di awal kehidupan dan hingga awal masa dewasa, serta di kemudian hari untuk menjaga tulang kita tetap kuat dan sehat.

Sumber likopen

Dalam hal makanan, likopen sangat kuat di sejumlah buah dan sayuran yang berwarna merah dan merah muda.

Ahli diet Leslie Bonci suka memasukkan likopen ke dalam makanannya melalui tomat dan produk tomat, jeruk bali, pepaya, jambu biji, wortel, serta paprika merah.

Ketika dimintai rekomendasinya, Cording menambahkan kesemek dan kubis merah ke dalam daftar.

Tak hanya sumber makanan, likopen juga dapat ditemukan dalam suplemen tertentu atau dalam formula multivitamin.

Sebagai ilmuwan nutrisi, Ashley Jordan Ferira mengatakan, likopen adalah pemulung radikal bebas yang memiliki signifikansi global dalam tubuh dan di berbagai sistem organ setiap harinya.

Jika kita siap untuk menerima sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang ditawarkannya, maka likopen perlu dimasukkan ke dalam rutinitas suplemen harian kita.

Di sisi lain, Cording mengungkapkan, tidak ada rekomendasi resmi tentang jumlah likopen yang harus dikonsumsi seseorang dalam sehari.

Dia mencatat, penelitian saat ini telah menunjukkan manfaat dari sekitar delapan hingga 21 miligram likopen per hari.

"Sama seperti nutrisi atau fitonutrien apa pun, dosis likopen untuk kesehatan juga perlu dipelajari. Tapi itu pasti bermain dalam kisaran 5 miligram atau lebih," ujar Ferira.

Cording juga memperingatkan, orang yang mengonsumsi suplemen kalsium harus menyadari jika dosis terkonsentrasi makromineral ini (misalnya, 500 miligram) dapat menurunkan penyerapan dan bioavailabilitas likopen bila dikonsumsi pada waktu yang bersamaan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/01/24/093424720/kenali-manfaat-likopen-bagi-kesehatan-tubuh-dan-sumber-terbaiknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke