Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menghilangkan Lemak Perut Tanpa Perlu Usaha Keras

KOMPAS.com - Menghilangkan lemak perut bisa menjadi proses yang panjang dan sulit dibandingkan menghilangkan lemak di area tubuh yang lain.

Ahli nutrisi di Simply Good Foods Company, Colette Heimowitz, MS, mengatakan bahwa ada tiga jenis lemak di dalam tubuh kita yakni trigliserida (lemak dalam darah), subkutan (lemak di bawah permukaan kulit), dan visceral (lemak perut).

"Lemak visceral terletak di bawah otot-otot di perut kita yang menimbulkan risiko bagi kesehatan jika terlalu banyak," terangnya.

Dia menambahkan bahwa lemak perut menghasilkan kelebihan hormon dan bahan kimia yang berdampak negatif pada hampir setiap organ dalam tubuh.

Selain itu, lemak perut juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker kolorektal.

Lemak perut ini pula yang secara khusus berkontribusi pada kelebihan berat badan yang mungkin terbawa di bagian tengah tubuh kita.

"Tubuh cenderung menyimpan lemak perut dengan mudah dan sulit dihilangkan karena letaknya sangat dekat dengan hampir semua organ vital kita," ungkap ahli diet dan konsultan untuk MyFitnessPal di New Jersey, Erin Palinski-Wade, RD, CDCES.

"Ini adalah sumber energi cepat yang mudah untuk organ, jadi masuk akal jika tubuh ingin menyimpannya," sambung dia.

Palinski-Wade mencatat bahwa segala sesuatu mulai dari stres, kurang tidur, penuaan, hingga makanan yang kaya gula sederhana dapat meningkatkan simpanan lemak perut.

Dan kita mungkin akan kesulitan untuk menghilangkannya tanpa melakukan penyesuaian gaya hidup sehat yang lebih konsisten.

Nah, bagi yang sedang berjuang untuk menghilangkan lemak perut dengan mudah, berikut ini terdapat beberapa cara mengurangi lemak perut tanpa memerlukan usaha yang terlalu keras.

1. Melakukan pernapasan dalam

"Hormon stres dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak di bagian perut, bahkan jika berat badan kita tidak berubah," kata Palinski-Wade.

Jadi, menurut dia, salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres dengan cepat adalah dengan berlatih pernapasan perut.

Caranya dengan menarik napas melalui hidung ke perut, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan napas dalam-dalam melalui bibir yang mengerucut seperti sedang bersiul.

"Ini bisa membantu untuk memperlambat detak jantung, menenangkan tubuh, dan mengurangi sirkulasi hormon stres," ujarnya.

2. Makan lebih banyak protein

Protein membantu memicu pelepasan leptin supaya kita merasa kenyang lebih lama dan dapat memperlambat konsumsi kalori yang mengarah ke penambahan lemak perut.

Ahli gizi dan CEO The Women's, Cory Ruth, MS, RDN, menuturkan bahwa cara mudah untuk menambahkan lebih banyak protein ke dalam makanan adalah dengan minum smoothie yang mengandung protein dan greek yogurt atau bubuk protein di pagi hari.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan protein dari salmon atau ikan lain yang dipanggang untuk makan siang, lentil, atau kacang hitam untuk makan malam, serta telur rebus dan almond panggang untuk camilan.

3. Kurangi asupan gula

Heimowitz mengatakan bahwa tubuh kita dibangun untuk mengonsumsi gula dalam batasan yang terbilang rendah.

Adapun rekomendasi harian gula untuk tubuh kita hanya satu hingga dua sendok teh.

Hal ini disebabkan karena gula darah kita bersirkulasi pada satu waktu dan apa pun yang lebih dari itu dapat berpotensi diubah menjadi lemak tubuh yang memengaruhi perut kita.

4. Berjalan kaki

"Jalan kaki pendek dan cepat setiap hari dapat membantu mendorong kadar kortisol yang lebih rendah," kata Ruth.

Sebuah studi juga menunjukkan, jalan cepat dapat membantu mengatur kadar insulin lebih efektif yang menyebabkan lebih sedikit penyimpanan lemak di perut kita.

5. Membatasi karbohidrat

Kurangi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi, kue kering, permen, dan keripik, maka gantilah dengan karbohidrat kaya nutrisi dan serat seperti sayuran dan buah-buahan rendah glikemik.

"Dari situ mulailah untuk menghilangkan lemak perut karena tubuh akan membakar lemak untuk menjadi bahan bakar," kata Heimowitz.

6. Melacak apa yang kita makan

"Mengurangi lemak perut tidak harus berlebihan, tetapi dibutuhkan konsistensi terutama dalam hal pilihan makanan," terang Palinski-Wade.

Menurut dia, banyak orang makan tanpa menyadari apa yang sebenarnya telah dimakan atau berapa banyak kalorinya.

"Ketika kita melacak makanan, kita dapat melihat apa dan bagaimana makan itu memengaruhi segala sesuatunya mulai dari energi, suasana hati, tingkat stres, bahkan kualitas tidur kita," imbuhnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/02/060600920/6-cara-menghilangkan-lemak-perut-tanpa-perlu-usaha-keras

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke