Salin Artikel

4 Tips Merawat Kulit di Sekitar Mata, Cegah Tanda Penuaan Dini

Hal ini menunjukkan tanda-tanda penuaan di kulit sekitar mata datang lebih cepat daripada area dahi atau pipi.

Jadi, jika kita tertarik untuk merawat kulit dalam jangka panjang, maka kita harus memprioritaskan kulit di sekitar mata.

"Kulit mata adalah kulit tertipis di wajah dan tubuh," kata dokter kulit di Louisiana, Dr Deirdre Hooper.

"Ketika kulit menjadi lebih tipis, kulit juga akan kehilangan elastisitas dan lebih rentan terhadap kerutan," sebut dia.

"Kulit ini seperti kain. Jika kita memiliki celana kulit yang tebal, celana itu tidak akan mudah kusut."

"Tapi gaun linen yang kecil? Itu akan kusut dan kita harus benar-benar berhati-hati," sambung dia.

Untuk itu, Hooper membagikan beberapa tips merawat kulit di sekitar mata untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan berikut ini.

1. Lindungi mata dari sinar matahari

Menurut Hooper, matahari sangat kuat dalam menghilangkan kolagen dan elastin. Jadi, paparan sinar matahari akan membuat kulit mata lebih tipis dan kurang elastis. 

"Oleh sebab itu, pastikan kita mengoleskan tabir surya ke kelopak mata atas dan bawah, ke bulu mata, dan mengoleskannya kembali ke area ini di siang hari, karena itu akan menjaga kulit kita tetap terlindungi," ujar dia.

Kendati demikian, tabir surya terkadang dapat mengiritasi mata saat kita mengaplikasikannya secara langsung.

Untuk menghindarinya, Dr Hooper merekomendasikan untuk mencari formula yang lebih lembut.

Umumnya, tabir surya mineral lebih baik ditoleransi daripada tabir surya kimia.

Sementara itu, ahli kecantikan dan pendiri lini perawatan kulit eponymous, Shani Darden, menambahkan, kita perlu meningkatkan perlindungan dengan mengenakan kacamata hitam setiap kali berada di luar rumah.

2. Bersikap lembut

Kulit mata sangatlah halus, jadi Darden menyarankan untuk berhati-hati saat menyentuhnya.

"Gunakan gerakan lembut saat membersihkan area mata dan ratakan atau tepuk dengan lembut saat mengaplikasikan produk apa pun," kata dia.

Hopper pun memperingatkan kita untuk tidak menarik atau menggosok mata, karena tidak hanya dapat menyebabkan iritasi, tetapi juga mengakibatkan area bawah mata menjadi gelap.

"Terutama pada pasien dengan kulit berwarna, salah satu keluhan terbesar adalah kulit mata yang gelap dan seringkali menjadi lebih gelap karena banyak digosok," tutur dia. 

Jadi, jika kita mengalami mata gatal, jangan menggosok atau menggaruknya. Lebih baik untuk menepuknya atau mengoleskan sesuatu yang dingin seperti kompres es.

"Tetapi jika mata selalu gatal, maka segera bicarakan hal ini dengan dokter mata untuk mencoba antihistamin," ungkap Hopper.

3. Oleskan produk ke kelopak mata atas dan bawah

Setiap orang sering fokus merawat bagian bawah mata mereka, tetapi melupakan bagian kelopak mata.

"Sebenarnya ini tergantung pada etnis dan genetika, tapi kita harus sudah melihat masalah di bawah mata mulai sekitar usia 30 tahun," kata Dr Hooper.

"Kemudian, masalah kelopak mata atas mulai terjadi pada semua orang di pertengahan 40-an," lanjut dia.

Jika tujuan kita adalah untuk menunda tanda-tanda penuaan, Hooper menganjurkan kita untuk mulai merawat kedua kulit mata semakin cepat karena hasilnya juga akan semakin baik.

4. Gunakan produk yang dirancang untuk mata

Saat berbelanja krim mata yang bagus memang harganya sedikit mahal.

Tetapi produk tersebut cenderung mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dan sangat berkualitas. 

Namun, jika membeli krim berkualitas tinggi tidak tepat untuk kita, Hooper mengatakan bahwa yang terbaik adalah membelanjakan uang untuk trinitas suci perawatan kulit yakni SPF, antioksidan, dan retinoid.

"Sebagian besar produk yang dibuat untuk wajah benar-benar memiliki manfaat yang besar bagi kulit kelopak mata," ungkap dia.

Tapi, jika kita menginginkan hasil terbaik dan tidak apa-apa mengeluarkan sedikit uang ekstra, maka belilah krim khusus kulit mata yang berkualitas.

"Sebaiknya gunakan produk yang diformulasikan secara khusus untuk area mata," ujar Darden.

"Karena krim mata diformulasikan dengan berat molekul lebih rendah daripada pelembap, sehingga dapat menembus area mata yang halus dengan lebih baik," cetus dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/02/180000520/4-tips-merawat-kulit-di-sekitar-mata-cegah-tanda-penuaan-dini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.