Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Makanan yang Bisa Bikin Umur Lebih Panjang, Apa Saja?

KOMPAS.com - Sebagian besar orang pasti ingin selalu sehat dan memiliki umur yang panjang.

Namun, hal itu tidak bisa dilakukan secara instan karena kita perlu mengubah gaya hidup dengan lebih sehat, terutama dalam hal makanan.

Terbukti, di wilayah Zona Biru (The Blue Zones), banyak penduduknya dapat hidup lebih lama hingga berusia 100 tahun karena memiliki cara hidup dan pola makan sehari-hari yang lebih sehat.

Oleh sebab itu, akan sangat membantu apabila kita dapat mengetahui makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk memulai hidup yang lebih sehat dan membuat umur kita lebih panjang.

Berikut adalah makanan yang bisa kita tambahkan dalam menu sehari-hari untuk membantu kita memiliki umur yang lebih panjang.

Alpukat sendiri menjadi buah yang kerap dipilih komunitas Loma Linda karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Menurut sebuah artikel di National Geographic, alpukat sangat membantu dalam menurunkan kolesterol dan mengandung 30 persen lebih banyak potasium daripada pisang.

Alpukat juga ditemukan dapat membantu mengatur berat badan dan mengurangi risiko obesitas, serta diabetes tipe 2.

Misalnya, kacang polong hitam (makanan sehari-hari di Ikaria, Yunani) telah ditemukan memiliki sifat anti-kanker, menjaga kesehatan jantung, dan dapat mencegah diabetes.

Selain itu, kacang hitam juga memiliki jumlah serat dan antioksidan yang tinggi, serta dapat membantu mengelola diabetes, mencegah kanker, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sayuran bumbu ini juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit tertentu yang biasa terjadi seiring bertambahnya usia.

Secara khusus, laporan dari jurnal Antioksidan mengatakan bahwa bawang putih memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah kanker tertentu, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Mungkin beberapa orang berasumsi bahwa kentang tidak sehat karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Tetapi, kentang sebenarnya dapat membantu kita mengelola dan mencegah diabetes, sambil membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap rendah.

Di samping itu, ubi jalar kaya akan vitamin A, B6, C, potasium, serat, dan mengandung fitokimia yang disebut anthocyanin untuk membantu mencegah penyakit.

Itulah sebabnya banyak orang di Mediterania di mana minyak zaitun extra virgin banyak digunakan, termasuk di antara beberapa orang paling sehat di dunia.

Minyak zaitun ditemukan dapat membantu manajemen berat badan, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kanker tertentu, dan berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan dengan sifat anti-inflamasinya.

Sebab, salmon mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi tingkat peradangan kronis.

Roti sourdough yang mereka makan ini dibuat dengan gandum utuh dan lactobacilli hidup.

Menurut National Geographic, proses pemanggangan sourdough di Sardinia membantu mengubah gula dan glukosa menjadi asam laktat.

Proses ini kemudian mampu menurunkan indeks glikemik, yang berarti kita akan merasa kenyang lebih lama dan gula darah kita tidak akan melonjak.

Tomat juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya, serta kemampuannya untuk membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko sindrom metabolik dan stroke, maupun meningkatkan kesehatan jantung.

Lebih khusus lagi, tomat ceri mengandung kadar beta karoten yang lebih tinggi sehingga dapat membantu menurunkan risiko perkembangan tumor yang berhubungan dengan kanker prostat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/03/113159720/8-makanan-yang-bisa-bikin-umur-lebih-panjang-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke