Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vitamin C Mampu Turunkan Risiko Kanker

Penelitian baru dari jurnal Frontiers in Nutrition bahkan menunjukkan, mengonsumsi vitamin C ternyata dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker dan dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker secara umum.

Menurut para peneliti, vitamin C mampu mengurangi risiko 11 jenis penyakit kanker yang berbeda antara lain, kandung kemih, payudara, lambung, paru-paru, pankreas, prostat, hingga tumor serviks.

Ditambah lagi, asupan vitamin C juga telah dikaitkan dengan kejadian kanker total yang lebih rendah.

Meski demikian, ahli gizi terdaftar, Gail Mayer mengungkapkan, dalam penelitian tersebut belum jelas bagaimana peserta mendapatkan vitamin C.

Apakah itu berasal dari makanan atau dari suplemen.

"Sering kali, suplemen vitamin dan mineral tidak memberikan manfaat yang sama seperti yang kita dapatkan saat kita mengonsumsi nutrisi dari makanan utuh," kata Mayer.

"Vitamin C yang berasal dari buah-buahan dan sayuran mengandung serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia lain yang tak terhitung jumlahnya, yang bermanfaat bagi kesehatan kita dalam berbagai cara," sambung dia.

Mayer juga menambahkan, suplemen memang dapat berguna dalam berbagai cara.

Tetapi, tidak ada yang bisa meniru manfaat tak terbatas dari nutrisi yang ditemukan dalam berbagai macan buah-buahan dan sayuran utuh yang belum diproses.

"Dalam usaha mengurangi risiko kanker, kita perlu mengambil manfaat dari pendekatan yang lebih holistik untuk diet sehari-hari," ujar Dr Cedrina Calder,  anggota medis dari Eat This Not That Medical Review Board.

"Jadi, cara terbaik menurunkan risiko kanker adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk protein tanpa lemak, biji-bijian, banyak sayuran (terutama sayuran berdaun hijau), buah, dan membatasi makanan olahan," sebut dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/05/120000120/vitamin-c-mampu-turunkan-risiko-kanker-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke