Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengetahui Jenis Kulit, Begini Cara Mudahnya

KOMPAS.com - Berbeda jenis kulit, berbeda pula cara perawatan yang harus diterapkan.

Sayangnya, tidak semua orang memahami jenis kulitnya sendiri. Karena itu, tak jarang yang tak sengaja membuat kondisi kulitnya memburuk akibat memakai produk yang tidak tepat untuk jenis kulitnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui jenis kulit kita sendiri dengan tepat?

Tenang, rupanya jawabannya sangat mudah.

“Melihatnya gampang. Kalau kulit berminyak, misalnya cuci muka pagi nih, nanti sekitar 30 menit sampai satu jam kemudian, akan kelihatan lagi berminyak mukanya,” ujar dokter kulit dan skin expert dr. Kardiana Dewi SpKK dalam acara virtual launching Marina Expert White and Glow pada Selasa (8/2/2022)

Nah bagi yang memiliki kulit kering, dr. Kardiana mengatakan bahwa meski sudah seharian beraktivitas dan cuci muka pada pagi hari, kulitnya tak akan berubah.

Bahkan bagi yang kulitnya sangat kering, bisa nampak bersisik dan tak ada sebum atau minyak alami sama sekali.

Namun untuk mengetahui apakah kulit seseorang itu sensitif atau tidak, dr. Kardiana mengatakan bahwa mendeteksinya akan sedikit sulit.

“Kalau untuk kulit sensitif, harus tunggu ada gejala dulu,” kata dia.

Kendati demikian, umumnya mereka yang memiliki kulit sensitif telah menyadarinya sendiri. Sebab, biasanya pemilik kulit sensitif merasa bahwa kulitnya terlalu mudah mengalami iritasi dan memerah jika terkena paparan sinar matahari.

Tapi, ada yang perlu diperhatikan.

Terkadang, ada yang menyangka bahwa kulit yang menderita suatu kondisi setelah mengonsumsi makanan atau produk tertentu adalah kulit sensitif. Padahal, ini tidak sama.

“Kulit sensitif bukan berarti alergi terrhadap suatu bahan A tertentu, tapi iritasi secara umum. Biasanya, ditandai dengan kulit kemerahan atau eksim karena skin barrier-nya rusak,” pungkasnya,

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/08/213952420/mengetahui-jenis-kulit-begini-cara-mudahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke