Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Benar-benar Diinginkan

Meski begitu, mengetahui bagaimana kita dapat menemukan pekerjaan yang mungkin kita inginkan dan cintai bisa terasa sangat menyenangkan.

Namun, mencari pekerjaan yang benar-benar kita inginkan pun ternyata perlu mempertimbangkan faktor pemenuhan pribadi dan nilai-nilai perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah, untuk mengetahuinya secara spesifik bagaimana menemukan pekerjaan yang kita inginkan, konsultan perekrutan Bert E. Miller membagikan tips untuk membantu kita mengoptimalkan masa depan profesional sebagai berikut.

1. Membuat inventaris diri

Membuat inventaris diri berarti mengevaluasi komitmen terhadap tujuan pribadi, profesional, serta keuangan.

Hal ini juga dapat membantu kita mengidentifikasi apa yang kita inginkan dari peran masa depan yang tidak kita dapatkan dari peran saat ini.

Miller menyarankan kita menulis profil pekerjaan yang ideal bagi diri kita sendiri sebagai bagian dari inventaris diri untuk membantu kita mendapatkan kejelasan tentang apa yang kita cari dalam peluang kerja.

"Bersikaplah secara dan transparan dengan apa yang kita inginkan. Profil pekerjaan harus merinci posisi sambil juga menyoroti misi perusahaan dan mengapa kita paling cocok untuk posisi dan perusahaan tersebut," kata Miller.

"Harus ada keseimbangan antara memahami peran dan belajar tentang perusahaan. Profil pekerjaan kita pub harus menunjukkan siapa kita nantinya," ungkap dia.

Dalam profil diri kita ini, sertakan posisi pekerjaan yang diinginkan, apakah itu penuh waktu atau paruh waktu, berapa kisaran gajinya, ringkasan tunjangan, fakta tentang perusahaan, serta peran dan tanggung jawabnya.

2. Perbarui profil di LinkedIn dan jejaring digital lainnya 

Miller memastikan agar kita mendapatkan foto profil yang profesional, bukan yang sedang duduk di dalam mobil, di gym, atau selfie biasa.

"Selanjutnya, saat membangun profil digital, harus jelas visi misi kita seperti apa."

"Hal yang sama juga berlaku dengan deskripsi di profil. Lalu, buatlah judul dan frasa yang ringkas, langsung pada intinya, dan mudah ditelusuri," kata dia.

Miller menambahkan, fokus di sini harus bersandar pada bagaimana peran tertentu selaras dengan profil pekerjaan yang kita buat pada langkah pertama.

"Penting untuk menunjukkan bagaimana kita menggunakan keterampilan yang telah diperoleh di pekerjaan sebelumnya dan memanfaatkannya untuk lebih maju," kata dia.

"Memasukkannya ke dalam tulisan dan melakukan percakapan tentang bagaimana keterampilan itu juga akan membuat perekrut melihat bagaimana kita dapat membantu tujuan perusahaan," ujar dia.

3. Jadilah pembelajar

Menjadi pembelajar seumur hidup adalah keterampilan hebat yang diterjemahkan langsung ke tempat kerja.

Ketika kita mempelajari tentang perusahaan tempat kita ingin bekerja, Miller mengatakan bahwa penting untuk mengetahui ke mana tujuan perusahaan tersebut.

"Sangat penting untuk membenamkan diri kita dalam tujuan perusahaan," tutur dia.

"Para pemimpin perusahaan menyukai orang-orang yang termotivasi secara intrinsik dan haus akan pembelajaran berkelanjutan dalam keahlian mereka," sambung dia.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan, lihat website mereka, cari berita tentang mereka secara online dan dalam publikasi perdagangan atau di LinkedIn.

"Menggunakan LinkedIn, mencari koneksi di sana, dan mengikuti apa yang dilakukan karyawan saat ini juga dapat membantu," kata Miller.

"Kita pun bisa tampil menonjol dengan memposting di media sosial sendiri dan membagikan postingan yang informatif, mendidik, serta menginspirasi orang lain," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/13/150000420/tips-mendapatkan-pekerjaan-yang-benar-benar-diinginkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke