Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Sejarah dan Makna dari Cincin Pertunangan

KOMPAS.com - Awal mula hadirnya cincin pertunangan sebenarnya tidak begitu romantis. Apa yang kita anggap sebagai simbol cinta selama ini tidak lebih dari tanda kepemilikan di zaman kuno.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, cincin pertunangan semakin banyak diminati sebagai bentuk ungkapan rasa cinta bagi setiap orang yang ingin melamar pasangannya menuju ke pelaminan.

Nah, dilansir dari laman Brides, berikut ini terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai sejarah dan makna sebenarnya dari cincin pertunangan yang perlu kita ketahui.

Tanda kepemilikan di zaman kuno

Menurut Gemological Institute of America (GIA), di zaman Roma Kuno, wanita Romawi akan mengenakan cincin dari gading, batu, tulang, tembaga, dan besi untuk menandakan kontrak bisnis atau menegaskan cinta dan kepatuhan pada seseorang.

Cincin emas yang kemudian ditemukan di reruntuhan Pompeii menunjukkan bahwa logam mengilap bisa dijadikan bahan pilihan cincin di era berikutnya.

Sampai akhirnya di tahun 850, cincin pertunangan diberi arti resmi, di mana Paus Nicholas I menyatakan bahwa cincin pertunangan mewakili niat seorang pria untuk menikah dan emas dipilih sebagai bahan paling populer untuk cincin pertunangan pada saat itu.

Sementara itu, berlian pertama kali muncul pada cincin pertunangan pada tahun 1477 ketika Archduke Maximilian dari Austria melamar Maria dari Burgundy.

Menurut GIA, cincin itu menampilkan berlian panjang yang dipasang dalam bentuk "M".

Faktanya, cincin pertunangan berlian tidak menjadi populer sampai tahun 1947 ketika De Beers, perusahaan Inggris yang menambang berlian di Afrika Selatan, meluncurkan kampanye iklan.

Dengan bantuan para bintang Hollywood dan slogan, "A diamond is forever," cincin pertunangan berlian pun mulai meroket popularitasnya hingga saat ini.

Koleksi cincin pertunangan berlian spesial Valentine

Sekarang, kebanyakan cincin pertunangan berhias berlian atau batu berharga lainnya. Banyak brand mengembangkan cincin pertunangan berlian, sehingga pilihan untuk cincin ini sangat beragam.

Seperti Mondial, yang dalam rangka merayakan momen Hari Valentine kali ini, menghadirkan koleksi cincin pertunangan berlian dengan menggunakan fancy shape diamonds seperti heart shape, princess atau square shape, marquise shape, hingga pear shape.

Masing-masing diamond rings dari Mondial menggunakan berlian dengan berat yang beragam, mulai dari 0.1 karat sampai dengan lebih dari 2 karat.

Menariknya lagi, koleksi cincin ini juga dipadukan dengan emas rose gold dan white gold yang spesial untuk disematkan di jari sang kekasih.

"Pada bulan penuh cinta ini, Mondial hadir untuk menemani setiap langkah asmara dua cinta menjadi lebih istimewa. Untuk itu, kami ingin mengajak pasangan merayakannya dengan cara yang berbeda dan spesial."

Demikian penuturan General Manager Mondial, Leslie Christian Saputra, seperti yang dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (14/2/2022).

"Selain dapat digunakan sebagai cincin pertunangan, hadirnya koleksi terbaru dari Mondial ini juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk menyatakan cinta," imbuh dia.

Koleksi cincin pertunangan terbaru ini terdiri dari 13 desain cincin berlian wanita yang dibuat dengan berlian dengan kualitas tinggi, sehingga menghasilkan perhiasan berlian mewah yang dapat melengkapi momen indah bersama pasangan tercinta.

Bagi yang tertarik membelinya, koleksi cincin berlian ini sudah bisa didapatkan di seluruh butik Mondial tersebar di Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/14/140323720/ketahui-sejarah-dan-makna-dari-cincin-pertunangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke