Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Tak Cedera, Simak Cara Melakukan Lunges yang Benar

KOMPAS.com - Ada beragam latihan yang bisa menguatkan otot tubuh, salah satunya bisa memperkuat tubuh bagian bawah kaki seperti latihan lunges.

Lunges merupakan latihan penguatan kaki yang populer karena banyaknya variasi gerakan yang memungkinkan kita menekan otot atau bagian yang berbeda.

Latihan ini bermanfaat untuk pencegahan cedera, serta pemulihan setelah mengalami cedera.

Tak mengherankan apabila lunges sering menjadi bagian dari program kekuatan dasar yang memungkinkan atlet untuk kembali ke arena secepat mungkin.

Lunges juga merupakan latihan fungsional yang dapat mempersiapkan kita untuk melalukan gerakan yang dibutuhkan sehari-hari.

Manfaat lunges

Latihan lunges sebenarnya bisa meningkatkan metabolisme manusia dan membantu orang-orang menurunkan berat badan lebih cepat.

Latihan ini di sisi lain juga bisa menjadi cara untuk menurunkan kelebihan berat badan dengan mengalihkan fokusnya latihan pada bentuk dan kekuatan tubuh bagian bawah.

Dalam hal ini, lunges membantu stabilitas inti sebab selama latihan kita akan dibantu mencapai kerangka otot inti yang lebih kuat dan lebih stabil.

Peningkatan keseimbangan bisa dicapai dengan lunges jika kita benar-benar melatih satu bagian tubuh dari yang lain pada waktu tertentu.

Dengan begitu, lunges bisa menjadi cara untuk dapat membantu mencapai tingkat keseimbangan dan koordinasi yang jauh lebih baik.

Cara melakukan lunges

Ada lima langkah sederhana untuk melakukan lunges dan kita sebaiknya mengikuti dengan benar agar dapat melatih bentuk badan yang tepat.

Gagal melakukan lunges bisa membuat kita cedera, dengan tekanan pada persendian dinaikkan ke tingkat yang tidak dapat dikendalikan.

Berikut ini cara-cara yang bisa diikuti:

1. Berdiri tegak dengan tubuh bagian atas lurus, bahu rileks, dan dagu dalam posisi terangkat.

2. Posisikan satu kaki ke depan dengan pinggul perlahan-lahan diturunkan sampai kedua lutut ditekuk pada sudut kira-kira 90 derajat.

3. Pastikan bahwa lutut lainnya tidak menyentuh tanah.

4. Semua berat badan harus dijaga pada tumit dengan lutut yang menerjang tetap sejajar dengan pergelangan kaki.

5. Setelah langkah ini selesai, ulangi empat langkah sebelumnya dengan kaki lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/15/130903220/agar-tak-cedera-simak-cara-melakukan-lunges-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke