Salin Artikel

Kirim CV Lebih dari Satu Kali untuk Posisi yang Sama, Boleh Enggak Sih?

KOMPAS.com - Saat menjadi jobseeker, melihat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan bisa membuat kita semangat untuk langsung kirim CV (curriculum vitae).

Tapi setelah menunggu beberapa pekan, ternyata belum ada panggilan dan lowongan tersebut masih terpajang di situs pencarian kerja. Boleh nggak sih kita kirim CV lebih dari satu kali untuk posisi yang sama?

Sebagaimana dikutip Monster, situs pencarian kerja yang berbasis di Hong Kong, mengirim CV lebih dari satu kali untuk posisi yang sama tidak meningkatkan peluang kita untuk dipanggil oleh rekruter.

Sebenarnya hal pertama yang perlu ditanamkan pada diri sendiri adalah seberapa pentingkah kita melamar pekerjaan untuk posisi yang sama lebih dari satu kali? Apalagi kita tahu lamaran yang dikirim sebelumnya tidak mendapat respons apa-apa.

Dalam hal ini, ada sejumlah kemungkinan yang bisa terjadi dalam proses rekrutmen di perusahaan tersebut.

Lamaran kerja ditolak

Kemungkinan yang pertama mungkin lamaran kita ditolak. Anggap saja kita sudah pernah mengikuti sesi wawancara kerja, tapi selama proses berlangsung kita tidak diberi tahu bahwa kita tidak lolos seleksi.

Kemudian kita mengirim lamaran untuk posisi yang sama dalam waktu dekat. Hasilnya apa? Jika bukan karena satu dan lain hal, bisa jadi lamaran kita justru diabaikan.

Perlu diketahui, proses rekrutmen biasanya memakan waktu sekitar dua minggu untuk merekrut kandidat terbaik. Lebih dari waktu tersebut atau bahkan lebih lama dan tidak ada kabar, kemungkinan lamaran kita memang sudah ditolak.

Apakah CV tidak dibaca oleh rekruter?

Anggapan ini sering kali membuat kita berpikir untuk mengirim CV ke posisi yang sama lebih dari satu kali.

Jika lamaran kita kirim lewat online, biasanya tim HRD punya aplikasi khusus untuk menyortir setiap CV yang masuk. Kemungkinan selanjutnya yang terjadi, CV kita memang terlewat dan tidak dibaca.

Atau perusahaan tengah melakukan rekrutmen besar, dokumen yang masuk terlalu banyak dan surat lamaran kita jadi terlewat.

Menanggapi dua kemungkinan di atas, sebenarnya tidak ada yang salah jika mengirim CV lebih dari satu kali. Tapi dengan catatan beberapa perubahan perlu dilakukan pada CV yang akan kita kirim untuk kedua kalinya.

Situs pencarian kerja yang berbasis di Hong Kong ini menyarankan untuk mengubah pendekatan resume menyerupai mesin pencari, biar CV kita lebih mudah terdeteksi.

Beberapa poin yang harus diganti antara lain tata letak informasi, serta ukuran huruf dan alurnya. Setiap informasi disarankan untuk menggunakan gaya bahasa berbeda.

Lalu perhatikan juga deskripsi pekerjaan dan kata kunci yang digunakan terkait pengalaman atau keahlian yang dimiliki sesuai dengan persyaratan yang diminta.

Bersabar

Saat melamar kerja, sebaiknya lapangkan dada seluas mungkin. Sabar, berusaha dan berdoa bisa membantu kita biar tetap waras menjalani kehidupan.

Jalin koneksi yang baik dan menguasai keterampilan lainnya di sela-sela waktu mencari pekerjaan bisa meningkatkan value kita sebagai jobseeker.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/16/143236520/kirim-cv-lebih-dari-satu-kali-untuk-posisi-yang-sama-boleh-enggak-sih

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.