Salin Artikel

Kurangi Keinginan Ngemil Lewat Kebiasaan Sarapan yang Baik

KOMPAS.com - Cukup banyak penelitian yang menyimpulkan manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh secara umum. Namun, agar manfaat itu bisa kita dapatkan, kita perlu memastikan agar apa yang kita asup di pagi hari memang bernutrisi.

Menu sarapan yang mengandung nutrisi dapat menjadi sumber energi untuk aktivitas sepanjang hari. Selain itu, menu yang tepat juga dapat membantu mengontrol gula darah tetap stabil dan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Menurut Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Traning, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, makanan saat sarapan juga memengaruhi perasaan dan aktivitas sepanjang hari.

"Sarapan yang sehat dapat membuat Anda tetap bersemangat hingga waktu makan atau camilan berikutnya. Makanan dengan protein membantu menahan rasa lapar, dan makanan berserat tinggi membuat tetap kenyang," kata Bowerman dalam keterangan pers.

Menu makanan seimbang yang mengandung protein dan karbohidrat sehat dapat memberikan energi berkelanjutan di seluruh sistem tubuh, dan membantu mencegah perubahan pada gula darah yang memicu keinginan untuk ngemil atau makan makanan tidak sehat lainnya.

Orang yang melewatkan sarapan sering kali mempunyai keinginan ngemil makanan manis dan berlemak yang bisa bertahan sepanjang hari.

Bowerman menambahkan, setiap melakukan sarapan, keinginan untuk makan yang manis-manis turun drastis.

"Jika sarapan tinggi protein, itu juga cenderung mengurangi keinginan untuk makanan asin dan berlemak. Jadi, makanan yang tepat di pagi hari dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat di kemudian hari, dan mengarahkan ke pilihan yang lebih sehat," ujarnya.

Itu sebabnya, menurut dia, menu sarapan tak cukup hanya bikin kenyang, tetapi juga perlu mengandung protein.

"Makan cukup protein di pagi hari tidak hanya membantu memuaskan rasa lapar, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan otot. Pembentukan protein otot dapat meningkat bila asupan protein lebih merata sepanjang hari, mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam," katanya.

Kita bisa sarapan dengan makanan yang kaya protein seperti telur, daging ayam, yogurt, tahu, atau pun protein shake jika tak punya banyak waktu.

Kebiasaan sarapan saat pandemi

Menurut survei Herbalife Nutrition bertajuk Asia Pacific Breakfast Habits Survey 2021, terdapat perubahan positif dalam kebiasaan sarapan konsumen di Asia Pasifik selama pandemi.

Disebutkan, dua dari lima (37 persen) Gen Z dan Milenial mulai lebih sering menyiapkan sarpaan pada pagi hari, sedangkan setengah dari responden sudah memulai untuk melakukan sarapan, mereka mulai melakukan sarapan enam sampai tujuh hari per minggu.

Gen Z dan Milenial meningkatkan frekuensi sarapan mereka karena motivasi mereka untuk meningkatkan kesehatan (65 persen); memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan sarapan (48 persen); dan keinginan mereka untuk memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan perubahan gaya hidup lebih positif (41 persen).

Sebagai tambahan informasi, mereka juga sudah mulai makan lebih sehat dengan memperbanyak sayuran dan buah (57 persen); memastikan asupan dengan nutrisi yang seimbang (54 persen); dan meminum lebih banyak air putih (52 persen).

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/17/181452620/kurangi-keinginan-ngemil-lewat-kebiasaan-sarapan-yang-baik

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.