Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips yang Bisa Dicoba untuk Menjadi Tetangga yang Baik

KOMPAS.com - Setiap tetangga di lingkungan tempat kita tinggal pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Beberapa cenderung lebih terbuka untuk bersosialisasi, sementara yang lain terdiri dari orang-orang yang lebih suka menyendiri.

Namun, terlepas dari jenis lingkungan tempat kita tinggal, masih ada beberapa aturan etiket dasar yang harus kita ikuti untuk bisa menjadi tetangga yang baik.

Tujuan utamanya adalah untuk hidup dalam damai dan harmoni, meskipun itu tidak selalu terjadi. Tapi, setidaknya kita tetap dapat melakukan apa pun untuk mencegah perselisihan antar tetangga yang berkepanjangan.

Nah, untuk bisa menjadi tetangga yang baik, simak beberapa tips yang dapat kita coba berikut ini, seperti yang dilansir dari laman The Spruce.

1. Jangan membuat kebisingan

Beberapa tetangga mungkin tidak ingin kita hanya diam dan kurang bersosialisasi, tetapi itu juga bukan berarti kita bisa membuat kebisingan.

Tergantung di mana kita tinggal, setiap tempat pasti memiliki aturan etiket dasar yang memerhatikan hal itu.

Misalnya, jika kita tinggal di gedung apartemen, jangan berteriak pada seseorang di ujung lain aula karena mungkin ada orang lain sedang tidur atau beristirahat.

Selain itu, hindari proyek bising seperti memalu paku di dinding pada malam hari, menyetel musik keras-keras, atau membuat kebisingan lainnya.

Pastikan juga kita mengobrol dengan nada yang lebih normal tanpa harus berteriak, baik itu itu tinggal di gedung apartemen maupun di rumah komplek biasa.

2. Memiliki sikap yang baik

Untuk menjadi tetangga yang baik, kuncinya adalah memiliki sikap yang baik.

Adapun sikap-sikap yang baik dapat kita terapkan dengan cara menghormati ruang pribadi tetangga, berhati-hati saat meminjam barang dan segera kembalikan setelah digunakan.

Jika kita tidak sengaja merusak barang tersebut, bayar untuk memperbaikinya atau menggantinya.

Sikap lainnya adalah jangan membuat gosip atau fitnah tentang tetangga kita. Apabila kita memiliki masalah dengan tetangga, langsung diskusikan secara dewasa.

Jika kita dan tetangga memiliki kesalahpahaman, lakukan upaya ekstra untuk memperbaikinya dengan berjabat tangan dan setidaknya bersahabat untuk mengurangi ketegangan di lingkungan tempat kita tinggal.

3. Memiliki tampilan luar rumah yang baik

Tetangga yang baik adalah orang yang memelihara bagian luar rumah dan halaman rumput pada tingkat yang sama dengan lingkungan lainnya.

Kita tidak ingin rumah kita menjadi satu-satunya di lingkungan atau komplek yang menurunkan nilai rumah lain

Tips perawatan eksterior dasar rumah pun meliputi hal-hal sebagai berikut:

• Memotong rumput.

• Membersihkan jamur di dinding luar dan cat ulang bila perlu.

• Pastikan pohon, semak, dan elemen lain tidak merayap ke halaman tetangga. Ini termasuk dahan pohon, semak yang menyebar, dan gulma.

• Singkirkan semua sepeda, skateboard, dan mainan dari halaman depan di penghujung hari.

4. Tidak mengganggu tetangga lain

Kita mungkin adalah tipe orang yang suka berpesta dan bersosialisasi dengan teman-teman di rumah.

Tapi, usahakan kita tidak mengganggu atau memaksakan tetangga lain untuk harus mengikutinya.

Jadi, hormati tetangga saat kita sedang mengadakan pesta atau kegiatan kumpul-kumpul di rumah untuk menghindari konflik dengan tetangga.

Kita juga bisa meminta tamu yang datang untuk tidak parkir sembarangan hingga menghalangi tetangga lain masuk ke dalam rumah mereka.

Patuhi juga aturan yang ada di lingkungan tersebut mengenai tata krama dalam mengadakan acara di rumah tanpa mengganggu tetangga lain.

5. Memperkenalkan diri pada tetangga baru

Tetangga baru merasa diterima ketika kita mampir untuk perkenalan dengan ramah.

Ini juga dapat memperkaya kehidupan tetangga baru, sehingga mereka lebih nyaman untuk tinggal di lingkungan itu dalam waktu yang lama.

Untuk menyambut tetangga baru, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan antara lain:

• Perkenalkan diri dan berikan tetangga baru nomor telepon kita.

• Berikan tetangga baru daftar layanan dan nomor telepon penting di daerah tersebut.

• Sertakan kontak layanan darurat, kantor dokter, dokter gigi, sekolah, tempat yang menawarkan jasa angkut, pembersih kering, dan apa pun yang dibutuhkan.

• Adakan pesta komplek setahun sekali untuk mengenal semua tetangga baru.

Ketika orang berusaha untuk menjadi tetangga yang baik dengan mengikuti etiket yang tepat, semua orang akan merasa sejahtera mengetahui bahwa mereka dikelilingi oleh para tetangga yang baik.

Lingkungan rumah juga akan lebih menarik dan membuat kita lebih nyaman jika para tetangga saling menjaga dan siap membantu satu sama lain.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/18/091517820/5-tips-yang-bisa-dicoba-untuk-menjadi-tetangga-yang-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke