Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Kencan Pertama Anti-gagal yang Patut Dicoba

KOMPAS.com - Memulai kencan pertama tentunya membutuhkan sejumlah persiapan yang matang agar tidak gagal.

Sebab, kencan pertama adalah momen untuk kita bisa saling mengenal satu sama lain sekaligus menentukan nasib asmara kita bersama pasangan ke depannya.

Pakar hubungan dan penulis buku "The Sex Ed You Never Had", Chantelle Otten, membagikan enam tips kencan pertama anti-gagal yang bisa kita coba sebagai berikut.

1. Memilih tempat kencan yang tepat

Lokasi yang keliru bisa saja mengacaukan kencan pertama kita dengan pasangan. Karenanya  kita disarankan memilih lokasi sesuai dengan aktivitas yang akan kita lakukan.

Chantelle pun merekomendasikan kita untuk memilih tempat yang santai dan tidak terlalu khusus jika ingin kencan yang aman.

"Makan malam yang mewah saat kencan pertama bisa menjadi sedikit menegangkan bagi sebagian orang, tetapi berjalan-jalan di tepi pantai atau makan di restoran biasa bisa membuat kita mengenal pasangan dengan suasana yang santai," katanya.

"Pikirkan lokasi yang dapat memicu koneksi, keintiman, dan mendorong percakapan yang berkesan, serta membuat kita merasa aman dan nyaman," sambung dia.

Tempat lain yang dapat dicoba adalah bar atau kedai kopi karena memiliki suasana yang menyenangkan dan tempat yang sempurna untuk melakukan percakapan panjang tanpa gangguan.

Sebaiknya, hindari restoran mewah dan lokasi super romantis pada kencan pertama yang bisa membuat pasangan merasa tertekan dan kurang nyaman.

2. Berpikir dengan benar

Berpikir dengan benar sebelum kencan pertama bisa menjadi bagian tersulit.

Kita perlu melakukan kencan pertama dengan percaya diri, tetapi pastikan kita tidak bertindak terlalu sombong.

Cara terbaik untuk mendekati kencan pertama secara mental adalah dengan membuatnya seperti kita akan bertemu siapa pun untuk pertama kalinya.

Chantelle pun menyarankan kita untuk mendapatkan pola pikir yang benar sebelum berkencan dengan menyediakan waktu sebentar sebelum pergi kencan.

"Buat daftar pra-kencan, luangkan waktu untuk bersiap-siap dan membekali diri dengan energi yang tepat untuk kencan," terangnya.

"Jika kita masih merasa gugup, berpura-puralah sampai kita berhasil melalui kencan itu karena kemungkinan pasangan kita juga merasakan hal yang sama," kata dia lagi.

3. Mempresentasikan diri dengan baik

Pastikan kita mempresentasikan diri dengan baik.

Berpakaianlah dengan rapi dan menarik untuk kencan pertama. Tidak perlu berpakaian terlalu mewah atau formal jika kita hanya pergi ke bar atau kedai kopi.

Pada saat yang sama, perhatikan juga pakaian supaya bersih, dalam kondisi baik, dan kita mengenakan sesuatu yang terasa nyaman.

Selain dalam hal berpakaian, kita juga harus memiliki bahasa tubuh yang baik sebagai cara kita mengekspresikan perasaan kita.

Ini merupakan salah satu hal utama yang digunakan orang untuk mengetahui kepribadian seseorang pada kencan pertama.

"Jika kita ingin menunjukkan kepada seseorang bahwa kita menyukainya saat berkencan, maka kita dapat menggunakan petunjuk halus seperti mencondongkan tubuh lebih dekat, menyentuh lengan, atau mempertahankan kontak mata," ujar Chantelle.

4. Memiliki percakapan yang berkualitas

Tanda bahwa kencan pertama kita berhasil adalah ketika ada banyak percakapan berkualitas yang melibatkan dua belah pihak.

Pastikan juga untuk mengajukan banyak pertanyaan dan berbagi informasi tentang diri kita, tetapi beri pasangan ruang untuk berbicara, baik itu mengajukan pertanyaan atau bercerita tentang hal yang menarik.

Hati-hati dengan banyaknya percakapan yang mungkin kita lontarkan seandainya kamu adalah ekstrovert yang sangat suka berbicara.

Di sisi lain, jika kita lebih tertutup, berhati-hatilah untuk mendorong diri keluar dari zona nyaman dan buat percakapan mengalir secara alami.

Saat pergi kencan pertama, kita juga perlu menjaga bahasa kita tetap netral dan hindari sumpah serapah, cercaan, atau komentar apa pun yang dapat menyinggung.

5. Hindari mengenang masa lalu secara berlebihan

Salah satu tips kencan pertama terbaik adalah menghindari mengenang masa lalu, terutama jika hubungan sebelumnya adalah bagian dari cerita.

Meski demikian, selalu menyenangkan untuk belajar dari masa lalu, tetapi itu bukan hal yang harus dibicarakan atau menjadi topik utama saat sedang kencan pertama.

Chantelle juga merekomendasikan kita untuk membagikan cerita dari masa lalu kita, tetapi tetap singkat dan akhiri dengan pertanyaan, sehingga pasangan kita memiliki kesempatan untuk terlibat.

6. Terlihat antusias dan tetarik pada pasangan

Kita semua tahu bahwa kebanyakan orang senang berbicara tentang diri mereka sendiri, tetapi tunjukkan pada pasangan bahwa kita juga tertarik untuk mengajukan banyak pertanyaan kepada mereka sepanjang kencan.

Menurut Chantelle, mempelajari seni percakapan adalah hal nomor satu yang harus kita lakukan pada kencan pertama.

"Hal terbaik yang dapat dilakukan dalam berkencan adalah mempelajari seni percakapan," katanya.

"Jika semuanya gagal, mengetahui cara mengajukan pertanyaan dapat menjadi tiket untuk membuat pasangan lebih terbuka, sehingga kita dapat memahaminya secara pribadi," lanjut dia.

Chantelle juga menyarankan untuk menunjukkan minat pada topik yang muncul, meskipun kita mungkin tidak terlalu tertarik dengan topik tersebut.

Percayalah, ini akan membantu menunjukkan kepada pasangan bahwa kita memang benar-benar tertarik padanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/18/110950820/6-tips-kencan-pertama-anti-gagal-yang-patut-dicoba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke