Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Khasiat Vitamin D untuk Mengobati Psoriasis

KOMPAS.com - Apabila kulit pada bagian lutut atau siku mengalami penebalan, bersisik, gatal, bahkan kemerahan mungkin kamu mengalami psoriasis.

Psoriasis adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh. Namum demikian, ada beberapa pengobatan dapat mengatasi hal ini.

Dokter biasanya akan memberikan obat suntik, meresepkan obat oles, atau merekomendasikan terapi ultraviolet untuk menyembuhkan psoriasis.

Selain itu, penyakit kulit yang satu ini ternyata juga dapat diobati dengan vitamin D yang bisa kita dapat dari pancaran sinar matahari, suplemen, maupun salep.

Manfaat vitamin D

Vitamin D selama ini dikenal banyak orang karena manfaatnya untuk pertumbuhan tulang dan mencegah seseorang terkena osteoporosis.

Di sisi lain, vitamin D juga memiliki manfaat kesehatan bagi lapisan terluar dari tubuh, terutama untuk pengobatan psoriasis.

Tidak seperti vitamin lainnya yang bisa kita asup melalui buah, sayuran, nabati, maupun hewani, tidak banyak makanan yang mengandung vitamin D.

Vitamin ini dapat kita dapatkan dari ikan salmon, ikan mackerel, susu, jus jeruk, beberapa sereal, dan makanan dengan tambahan vitamin D.

Karena tidak banyak makanan yang mengandung vitamin D, kita pun disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari, mengasup suplemen, atau mengoleskan salep.

Pasalnya Harvard T.H Chan School of Public Health mencatat sekitar semiliar orang di seluruh dunia memiliki tingkat vitamin D yang kurang dalam darah mereka.

Dalam hal pengobatan untuk psoriasis, penelitian menunjukkan salep vitamin D bekerja sebaik obat luar antiinflamasi yang disebut kortikosteroid.

Bahkan, kombinasi kedua jenis obat resep ini malah lebih efektif dan bisa dioleskan dua kali sehari pada bercak psoriasis.

Pengobatan dengan sinar ultraviolet, yang disebut fototerapi, juga menjadi alternatif terapi psoriasis yang umum dan efektif.

Suplemen vitamin D

Selain salep, psoriasis juga dapat diobati dengan meminum suplemen vitamin D.

Ada pun, psoriasis adalah penyakit autoimun. Dan rendahnya vitamin D juga berkaitan dengan penyakit autoimun lainnya, seperti multiple sclerosis.

Walau suplemen vitamin D disebut bisa mengobati psoriasis, sayangnya belum ada cukup bukti ilmiah untuk membuktikannya.

Setidaknya suplemen vitamin D tetap bisa diminum untuk mencegah penyakit jantung, infeksi, dan beberapa jenis kanker.

Sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah mengonsumsi suplemen vitamin D baik untuk kesehatan secara umum.

Hal ini sangat penting jika kamu sudah mendapatkan vitamin D melalui salep psoriasis.

Pasalnya jika mendapat dua obat vitamin D yang berbeda, kita bisa mengalami overdosis vitamin D.

Lalu, bila mengkonsumsi lebih dari 2.000 IU per hari, kita bisa merasakan efek samping yang tidak diinginkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/18/141154320/khasiat-vitamin-d-untuk-mengobati-psoriasis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke