Salin Artikel

Tidak Pakai Sampo 6 Tahun, Rambut Perempuan Ini Tetap Sehat

KOMPAS.com - Penggunaan sampo tampaknya sudah menjadi bagian dalam aktivitas membersihkan rambut.

Tapi apa yang terjadi jika kita keramas tanpa menggunakan sampo? Akankah rambut tetap sehat?

Laura Ashley, perempuan asal California, Amerika Serikat ini membuktikan manfaat keramas tanpa sampo selama enam tahun.

Meski awalnya pernah dibully dan disebut "jorok", namun ia membalas komentar itu dengan memperlihatkan cara merawat rambut dan keindahan rambut yang dimiliki saat ini. 

"Awalnya saya melihat di internet tentang beberapa orang yang tidak menggunakan sampo. Saya pun ikutan mencobanya," katanya, seperti dikutip Daily Star.

Untuk menggantikan peran sampo dalam membersihkan rambut, perempuan yang juga seorang vegan ini membuat ramuan alami menggunakan baking soda dan cuka.

"Saya berhenti menggunakan sampo karena ada begitu banyak bahan yang terkandung di dalamnya," kata dia.

Kini, ia hanya menggunakan sisir bergigi lebar, air dan minyak esensial untuk menggantikan peran sampo dalam membersihkan rambut.

"Saat ini rutinitas perawatan rambut saya adalah menyikat rambut sebelum mandi. Saya mandi seperti biasa dan mencucinya dengan air, memijat kepala dan menyisirnya dengan sisir lebar," katanya.

Setelah selesai, Laura kerap membungkus rambut dengan handuk selama setengah jam. Kemudian rambut diberi beberapa tetes minyak argan atau minyak rosemary. 

Sebelum beralih ke metode keramas tanpa sampo, Laura sering merasa kerepotan saat mengurus rambutnya setiap pagi. Penggunaan produk perawatan rambut juga membuat rambutnya tampak tidak sehat.

"Sekarang rambut saya jauh lebih sehat. Dulu rambut saya lurus dan sering menggunakan pemanas dan membebaninya dengan produk perawatan rambut. Sekarang saya sudah meninggalkan semua itu dan rambut saya jadi keriting," katanya.

Cara ini juga membuat Laura merasa lebih senang dengan rambut sehat yang dimiliki sekarang.

"Menyenangkan, saya bangun pagi, mandi dan saya suka rambut saya sekarang. Secara mental juga lebih sehat, karena saya merasa nyaman. Rambut juga tumbuh lebih cepat," tutup Laura.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/20/100014320/tidak-pakai-sampo-6-tahun-rambut-perempuan-ini-tetap-sehat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.