Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kreasi H. Moser & Cie dengan Fitur Kalender Abadi yang 'Bersahabat'

KOMPAS.com - Jam tangan yang dibekali fitur kalender abadi --terutama dari manufaktur jam Swiss-- rata-rata memiliki desain yang kompleks alias rumit.

Kerumitan itu tidak hanya terlihat pada tampilan dial yang sulit dibaca, melainkan juga dari komponen yang dipasang di bagian mesin.

Lihatlah Audemars Piguet dengan Royal Oak Perpetual Calendar-nya, A Lange & Sohne Grand Complication, atau Highlife Tourbillon Perpetual Calendar yang dibuat Frederique Constant.

Mungkin, orang yang awam dengan jam tangan kompleks memerlukan waktu lama untuk dapat mengoperasikan beberapa kreasi yang sudah disebutkan barusan.

Namun jauh mundur ke tahun 2005, produsen jam tangan Swiss H. Moser & Cie memperkenalkan kreasi dengan fitur kalender abadi yang "bersahabat".

Diberi nama Perpetual 1, jam tangan ini dikembangkan H. Moser & Cie bersama pembuat jam Andreas Strehler.

Kedua pihak menyederhanakan tampilan kalender pada Perpetual 1, sehingga mudah disesuaikan dan mudah dibaca oleh pengguna.

Lalu pada tahun 2015, H. Moser & Cie merilis Endeavour Perpetual Calendar Funky Blue dengan estetika berani yang memadukan desain jam tangan tradisional dan modern.

Tidak ada subdial atau penunjuk tanggal yang sulit dibaca. Selain indeks di tepi dial yang mewakili jam, terdapat pula indeks untuk menandakan bulan yang ditunjukkan jarum kecil di bagian tengah.

Jendela penunjuk tanggal (date window) berukuran besar ditempatkan di indeks jam 3, dengan fungsi "Flash Calendar" untuk mengganti tanggal secara instan di tengah malam (tepat pukul 00.00).

Satu subdial diletakkan di indeks jam 6, sedangkan satu jarum kecil untuk mengindikasikan cadangan daya baterai berada di indeks jam 9.

Waktu dan tanggal pada jam tangan dapat diatur dengan mudah menggunakan crown di sisi kanan cangkang.

Melalui Endeavour Perpetual Calendar Funky Blue, H. Moser & Cie menyederhanakan fitur kalender abadi yang kompleks sehingga jam tangan ini bisa dioperasikan siapa saja, bahkan anak kecil sekalipun.

Jam tangan ini memiliki cangkang white gold 18 karat berukuran 42 mm x 11,9 mm disertai logo merek transparan.

Detail pada Endeavour Perpetual Calendar tahun 2015 masih dipertahankan.

Sebutlah, dial berwarna "funky blue" dengan pola sunburst, jarum kecil penunjuk bulan, satu subdial, dan penunjuk tanggal berukuran besar.

Demi memudahkan pengguna dalam mengoperasikan jam tangan dengan fitur kalender abadi, H. Moser & Cie juga mengusung satu Endeavour Perpetual Calendar Tutorial ref 1800-0205 yang dilengkapi "Cheat Sheet".

Pada versi Tutorial, permukaan dial dipenuhi coretan tulisan berwarna putih yang merangkum informasi dari setiap komponen.

Masing-masing jam tangan ditenagai mesin kaliber HMC 800 yang bergerak dalam kecepatan 18.000 vph dan memiliki cadangan daya tujuh hari.

Tali jam yang diberikan juga sama, yakni tali kulit kudu bernuansa beige.

Di situs resmi pembuat jam, Endeavour Perpetual Calendar Funky Blue 1800-0204 dibanderol seharga 54.000 franc Swiss (sekitar Rp 846 juta).

Sementara itu, harga Endeavour Perpetual Calendar Tutorial ref 1800-0205 sedikit lebih tinggi, 59.000 franc Swiss atau setara Rp 924 juta. Jam tangan ini hanya diluncurkan 20 unit saja.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/22/070937220/kreasi-h-moser-cie-dengan-fitur-kalender-abadi-yang-bersahabat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke