Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Girlband Korea Terpopuler, Mana Favoritmu?

Fenomena ini sepertinya belum akan surut -salah satunya- berkat masih populernya boyband dan girlband asal negeri ginseng.

Memang tak mengherankan. Sebab, boyband dan girlband K-Pop selalu tampil memukau dengan berbagai genre lagu yang dibawakannya, lengkap dengan koreografi yang menawan.

Belum lagi, ada permainan kamera luar biasa yang menjadikannya semakin memanjakan mata.

Nah, jika BTS atau EXO merupakan dua contoh boyband tersukses saat ini, bagaimana dengan gilrband tersukses?

Untuk mengetahuinya, simak daftar 11 girlband Korea tersukses dan terpopuler di 2022 versi Lifestyle Asia, berikut ini.

Bagaimana tidak, selain sempat membuat sejarah dengan jumlah view-nya yang sangat tinggi saat single “Ddu-Du Ddu-Du” dirilis pada 2018, keempat anggota Blackpink: Jisoo, Jennie, Rosé dan Lisa juga menjelma menjadi fashion icon.

  • Twice

Girlband beranggotakan sembilan orang ini meraih popularitasnya lewat single hit, “Cheer Up” pada 2016 silam.

Saat itu, Twice juga meraih Best Female Group dan Song of the Year awards di Mnet Asian Music Award 2016.

Twice juga dikenal dengan outfit-nya yang mencolok, serta koreografinya yang mulus dan sinkron.

  • Girls’ Generation

Girlband beranggotakan delapan orang ini sebenarnya telah bertanggung jawab dalam menyebarkan Hallyu Wave sebelum Blackpink hadir.

Bahkan, single-nya yang catchy seperti “Gee”, “The Boys” dan “Oh!” telah meraup lebih dari 100 juta views di YouTube.

Lagu “Into The New World” milik Girls Generation juga digunakan sebagai lagu yang menunjukkan “protes,” dan sering digunakan dalam berbagai demo.

  • Mamamoo

Selain fashion statement-nya yang “playful,” kuartet yang terbentuk pada 2014 ini dikenal dengan kemampuannya menguasai berbagai genre musik, seperti jazz, R&B, ballad dan pop.

Bahkan, beberapa single hit-nya seperti “Mr. Ambiguous,” “Taller Than You” dan “Um Oh Ah Yeah” memiliki vokal yang luar biasa.

Grup ini dikelola oleh SM Entertainment dan sejauh ini telah merilis dua album studio. Nama resmi klub penggemar mereka adalah ReVeLuv.

Irene, vokalis utama sekaligus anggota tertua dalam grup ini juga sempat berakting dalam serial hit Game Development Girls.

Lagu-lagunya pun dikenal dengan lagu-lagunya yang chartbuster (laku terjual), seperti “Velvet” dan “Red.”

  • (G)I-dle

Grup dengan nama yang diucapkan sebagai ‘idle’ atau ‘idol’ ini eksis setelah merilis debut track-nya, “Latata”.

Lagu satu ini berhasil menempati peringkat empat di Billboard’s World Digital Song Sales dan peringkat lima di World Albums.

Capaian itu membuat mereka menjadi girlband K-pop ke-enam yang mendominasi Billboard World Chart.

Mini album terbaruna, I-Burn yang dirilis pada Januari tahun ini juga memiliki agu berjudul “Hwaa” yang berhasil menempati peringkat 17 di Billboard K-Pop 100.

  • Itzy

Girlband K-pop beranggotakan lima orang ini memulai debutnya di Billboard 200 Chart dan Rolling Stone's Top 200 dengan single mereka "Guess Who" pada April 2021 lalu.

Album bahasa Inggris terbaru girlband yang dibentuk sejak 2019 ini, “Not Shy,” menampilkan lagu-lagu hit Itzy, seperti “Wannabe”, “Icy”, “Dalla Dalla” dan lagu utamnya, “Not Shy,” yang juga memenangkan salah satu lagu K-pop terbaik tahun 2020 versi majalah Times.

  • Apink

Setelah debut pada April 2011 silam, Apink pun meraih Best New Female Artist Award di Mnet Asian Music Awards (MAMA) di tahun yang sama.

Grup satu ini merupakan girlband yang meraih popularitasnya berkat gaya upbeat bubblegum pop dan koreografinya yang carefree.

Single Apink yang berjudul “Mr. Chu” juga berhasil memasuki World Digital Songs Sales Billboard untuk pertama kalinya, meski lagu Apink terpopuler di AS adalah“NoNoNo” dari mini album Secret Garden-nya.

  • Dreamcatcher

Grup yang memiliki banyak fans dari luar Korea ini merupakan girlband Korea pertama yang berhasil memimpin di Next Big Sound Chart Billboard pada Februari 2021.

Girlband yang kini beranggotakan lima orang ini juga dikenal karena dapat menceritakan cerita-cerita “dystopia” melalui koreografinya yang unik dan menawan.

Tak hanya itu, band ini juga menonjol berkat penampilannya yang produktif dan gaya musik synthpop-nya yang mengingatkan kita pada

  • Oh My Girl

Girlband yang kini beranggotakan tujuh orang ini populer lewat video-videonya yang memiliki transisi tepat serta gaya makeup dan rambutnya yang unik.

Album eponim terbaru mereka, Dear Ohmygirl yang dirilis pada Mei 2021 lalu juga menampilkan lagu pamungkas mereka. “Dun Dun Dance” yang menduduki posisi kedua di K-Pop 100 Billboard pada Juni 2021.

  • Tri.Be

Bisa dibilang, Trl Be adalah salah satu fenomena terbaru dalam dunia K-pop lewat single “Doom Doom Ta” dam “Loca” miliknya.

Nama band ini terinspirasi dari kata 'triagle and being' dan diucapkan sebagai “try-be.”

Para anggotanya yang multibahasa pun dikenal karena penampilannya yang energik dan videonya yang nampak rapi.

Saat ini, girlband ini juga dapat dilihat di serial rreality show pertamanya, “Let’s Try!” di akun YouTube Studio Lululala.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/22/110000720/11-girlband-korea-terpopuler-mana-favoritmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke