Salin Artikel

Hewan Peliharaan Perlambat Penurunan Fungsi Kognitif Lansia

Namun, tahukah kamu kalau teman berbulu kita ini merupakan kunci untuk memelihara kesehatan kognitif kita seiring bertambahnya usia?

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Michigan menunjukkan, memelihara hewan selama lebih dari lima tahun dapat memperlambat menurunnya kesehatan mental pada lansia.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan, ikatan manusia-hewan mungkin memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan stres."

Demikian dikatakan penulis studi, Dr. Tiffany Braley dari University of Michigan Medical Center.

“Namun, hasil penelitian kami menunjukkan, kepemilikan hewan peliharaan juga dapat melindungi penurunan kognitif,” tambah dia.

Untuk mendapatkan temuan itu, tim Braley meneliti lebih dari 1.300 orang dengan usia rata-rata 65 tahun.

Dari total partisipan, 53 persen memiliki hewan peliharaan, dan 32 persen telah memiliki hewan peliharaan selama lima tahun atau lebih.

Dalam penelitian ini, digunakan data dari beberapa tes kognitif yang diberikan kepada orang-orang sebagai bagian dari Studi Kesehatan dan Pensiunan.

Tim ini juga menggunakan tes tersebut untuk mengembangkan skor kognitif komposit pada setiap orang.

Skor tersebut termasuk tes umum pengurangan, penghitungan numerik dan mengingat kata.

Para peneliti menggunakan skor tersebut untuk memperkirakan hubungan antara tahun kepemilikan hewan peliharaan dan fungsi kognitif.

Hasilnya ditemukan, selama periode enam tahun, penurunan skor kognitif melambat pada orang yang memiliki hewan peliharaan.

Lalu menurut hasil, pemilik hewan peliharaan memiliki skor komposit kognitif yang rata-rata 1,2 poin lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Para peneliti juga menemukan, manfaat ini paling terasa pada pemilik hewan peliharaan berkulit hitam, orang-orang dengan pendidikan mencapai perguruan tinggi, dan laki-laki.

“Karena stres dapat berdampak negatif pada fungsi kognitif, potensi efek penyangga stres dari kepemilikan hewan peliharaan dapat memberikan alasan yang masuk akal untuk temuan kami," kata Braley.

"Seekor hewan pendamping juga dapat meningkatkan aktivitas fisik, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kognitif,” tambah dia.

Kendati demikian, Braley menilai masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hasil temuan timnya.

Penelitian lanjutan diperlukan untuk dapat mengidentifikasi mekanisme yang mendasari hubungan antara melambatnya penurunan fungsi kognitif dan memelihara hewan ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/26/140000020/hewan-peliharaan-perlambat-penurunan-fungsi-kognitif-lansia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.