Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meja Kerja yang Rapi Menunjang Produktivitas, Apa yang Harus Ditata?

KOMPAS.com - Meski nampaknya menyenangkan dan membuat kita lebih “bebas,” work from home atau bekerja dari rumah tidaklah semudah yang dikira.

Sebab, terkadang work from home malah membuat seseorang makin malas untuk bekerja. Selain itu, ada pula yang kesulitan beradaptasi dengan suasana yang kurang nyaman atau dianggap kurang “ngantor.”

Kendati demikian, tak sedikit yang menyukai work from home dan tidak ingin kembali bekerja di kantor seperti sebelum pandemi melanda.

Bahkan, berdasarkan survey dari EY yang bertajuk “Majority of surveyed Southeast Asia (SEA) employees prefer not to return to pre-COVID-19 ways of working,” bekerja di luar lingkungan kantor membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja para pegawai di Indonesia.

Namun intinya, terlepas dari merasa kesulitan atau malah lebih produktif setelah work from home, tentu semua orang perlu mendapatkan dukungan agar terus fokus dan meminimalisir rasa bosan dalam bekerja.

Misalnya, dengan membangun pola pikir positif atau menata ulang meja kerja agar lebih nyaman dan bersemngat.

Meja kerja yang tertata dengan rapi akan membantu kita lebih fokus saat bekerja karena tidak akan terdistraksi dengan barang-barang yang berserakan di area kerja.

Nah bagi kamu yang ingin menata ulang meja kerja, berikut ada beberapa rekomendasi mengatur meja kerja minimalis dari Ikea yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan lampu kerja yang simpel

Pencahayaan yang baik memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas karena dapat membantu meningkatkan fokus saat bekerja dan membangun mood.

Sebaiknya pilih lampu yang cukup terang agar mata tidak cepat lelah. Akan lebih baik bila lampu uang dipakai sekaligus hemat energi.

Lampu kerja yang memiliki desain minimalis, tidak ribet, dan fungsional bisa membuat meja kerja tampak rapi.

2. Kotak dokumen

Menyusun barang sesuai dengan kategori akan membantu meja tetap tertata dengan baik dan tidak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia karena harus mencari dokumen saat bekerja di rumah.

Supaya bisa lebih fokus bekerja, kamu bisa menggunakan wadah atau kotak surat untuk menata keperluan kantor.

Dengan meja kerja yang rapi dan bersih, energi positif tentu akan berdatangan ke area kerja kamu.

3. Papan berlubang 

Misalnya, dengan memasang papan berlubang di mana kita bisa menggantungkan apapun yang kamu sukai, mulai dari quotes favorit, foto, to-do-list (daftar tugas), hingga bebagai wadah untuk menyimpan alat tulismu.

papan seperti ini sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau dan tidak menutupi cahaya.

4. Alas Laptop 

Bekerja dari rumah artinya kamu diharuskan untuk fokus dan duduk seharian di depan layar laptop.

Tak jarang, setelah jam kerja usai, leher dan bahu pun terasa pegal.

Untuk itu, perlu alas yang dapat menopang laptop pada ketinggian yang lebih nyaman, sehingga ketegangan pada leher dan bahu berkurang dan tubuh lebih rileks.

5. Alas meja

Untuk kamu yang ingin mengganti suasana meja kerja namun ingin berhemat, alas meja bisa jadi solusinya.

Alas meja sebaiknya memiliki motif polos namun meningkatkan kesan estetik. Selain sebagai aksesori yang menambah semangat kerja, alas meja dapat membantu melindungi bagian atas meja agar tidak cepat kotor dan tergores.

Produk-produk di atas bisa didapatkan di situs resmi Ikea, aplikasi Ikea Indonesia, melalui WhatsApp, maupun di seluruh gerai IKEA Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/27/164044120/meja-kerja-yang-rapi-menunjang-produktivitas-apa-yang-harus-ditata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke