Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Cepat Langsing, Hindari Konsumsi 5 Buah Ini Saat Diet

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan membutuhkan komitmen kuat, kesabaran, dan usaha keras dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Saat menjalaninya, kita disarankan untuk terlibat dalam aktivitas fisik serta memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

Biasanya buah-buahan yang tinggi serat dianggap sebagai makanan sehat yang membantu diet. Namun, perlu diketahui tidak semua jenis buah direkomendasikan para ahli diet.

Beberapa jenis buah-buahan justru tidak termasuk sebagai makanan yang dapat menurunkan berat badan secara efisien. Misalnya buah yang memiliki rasa manis dan jumlah kalori tinggi.

Berikut ini, 5 buah-buahan yang perlu dihindari saat menjalani program penurunan berat badan agar tubuh kita bisa cepat kurus.

1. Kelapa

Buah kelapa merupakan satu di antara buah yang perlu dihindari saat ingin menurunkan berat badan. Terutama pada daging kelapa yang mengandung tinggi kalori, lemak dan karbohidrat.

2. Alpukat

Setiap buah yang memiliki kalori tinggi, sebaiknya dikonsumsi dalam porsi secukupnya. Misalnya buah alpukat, karena dalam 100 gramnya, alpukat mengandung 160 kalori.

Meski alpukat adalah sumber lemak sehat, mengonsumsi terlalu banyak alpukat dapat meningkatkan berat badan dengan cepat.

3. Buah-buahan kering 

Buah-buahan kering seperti plum, kismis dan lain sebagainya mengandung tinggi kalori karena tidak mengandung air.

Satu cangkir atau 128 gram kismis mengandung 500 kalori. Sedangkan plum kering di takaran yang sama memiliki 450 kalori. Batasi konsumsi buah-buahan kering jika ingin cepat langsing.

4. Pisang

Pisang sering menjadi buah andalan untuk menahan lapar bagi mereka yang tengah diet. Namun perlu dicatat, buah pisang mengandung gula dan kalori tinggi.

Satu buah pisang mengandung 150 kalori dan 37,5 gram karbohidrat. Jika kita mengonsumsinya 2-3 pisang dalam sehari, kemungkinan angka timbangan bisa melonjak drastis.

5. Buah tropis seperti mangga dan nanas

Buah-buahan tropis seperti nanas dan mangga mungkin mengandung kalori tersembunyi yang dapat menghambat penurunan berat badan.

Jika ingin memanfaatkan buah-buahan tropis untuk dijadikan smoothies sehat, lebih baik pilih yang rasanya tidak terlalu manis agar kalorinya tidak terlalu tinggi.

Sebenarnya dalam penurunan berat badan semua buah-buahan sehat untuk dikonsumsi.

Tapi dalam mengonsumsinya disarankan dalam porsi yang tepat agar kita bisa mengontrol kalori yang masuk agar pola diet menjadi lebih efektif. 

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/03/050500520/agar-cepat-langsing-hindari-konsumsi-5-buah-ini-saat-diet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke