Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental

Seiring berjalannya waktu, popularitas meditasi meningkat karena semakin banyak orang menemukan banyak manfaatnya, terutama dalam hal kesehatan mental.

Banyak orang menganggap meditasi sebagai cara untuk dapat mengurangi stres dan mengembangkan konsentrasi.

Orang-orang juga menggunakan latihan ini untuk mengembangkan kebiasaan dan perasaan bermanfaat lainnya.

Misalnya, untuk suasana hati dan pandangan yang positif, disiplin diri, pola tidur yang sehat, dan bahkan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan ketika melakukan meditasi.

1. Mengurangi stres

Mengurangi atau menurunkan stres adalah salah satu alasan paling umum orang mencoba meditasi.

Biasanya, stres mental dan fisik menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol.

Ini menghasilkan banyak efek berbahaya dari stres seperti pelepasan bahan kimia inflamasi yang disebut sitokin.

Efek ini dapat mengganggu tidur, meningkatkan depresi dan kecemasan, meningkatkan tekanan darah, serta berkontribusi pada kelelahan dan pemikiran yang kabur.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama delapan minggu, gaya meditasi yang disebut "mindfulness meditation" terbukti mampu mengurangi respons peradangan yang disebabkan oleh stres.

Selanjutnya, penelitian telah menunjukkan, meditasi juga dapat memperbaiki gejala kondisi yang berhubungan dengan stres, termasuk sindrom iritasi usus, gangguan stres pasca-trauma, dan fibromyalgia.


2. Mengontrol kecemasan

Meditasi dapat mengurangi tingkat stres, yang berarti lebih sedikit kecemasan.

Sebuah meta-analisis yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa menemukan, meditasi dapat mengurangi kecemasan, terutama pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tertinggi.

Sebuah penelitian menemukan, melakukan mindfulness meditation selama delapan minggu membantu mengurangi gejala kecemasan pada orang dengan gangguan kecemasan umum dan meningkatkan pernyataan diri yang positif, serta meningkatkan reaktivitas dan penanganan stres.

Studi lain pada 47 orang dengan nyeri kronis juga menemukan, menyelesaikan program meditasi selama delapan minggu bisa mengurangi kecemasan dan rasa sakit selama satu tahun.

Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan, berbagai latihan mindfulness dan meditasi dapat mengurangi tingkat kecemasan.

Misalnya, yoga telah terbukti membantu orang mengurangi kecemasan. Ini kemungkinan karena manfaat dari latihan meditasi dan aktivitas fisik.

3. Meningkatkan kesadaran diri

Beberapa bentuk meditasi dapat membantu kita mengembangkan pemahaman yang lebih kuat tentang diri sendiri dan membantu kita tumbuh menjadi diri yang terbaik.

Misalnya, meditasi secara eksplisit bertujuan untuk membantu kita mengembangkan pemahaman yang lebih besar tentang diri kita dan bagaimana kita berhubungan dengan orang-orang.

Bentuk-bentuk lain dari meditasi juga mengajarkan kita untuk mengenali pikiran-pikiran yang mungkin berbahaya atau merugikan diri sendiri.

Idenya adalah ketika kita mendapatkan kesadaran yang lebih besar tentang kebiasaan berpikir, kita dapat mengarahkannya ke pola yang lebih konstruktif.

Sebuah ulasan dari 27 penelitian menunjukkan, berlatih tai chi dapat dikaitkan dengan peningkatan efikasi diri, yang merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keyakinan seseorang pada kapasitas atau kemampuan diri dalam mengatasi tantangan.

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan, 153 orang dewasa yang menggunakan aplikasi meditasi selama dua minggu mengalami penurunan perasaan kesepian dan peningkatan kontak sosial dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Selain itu, pengalaman dalam meditasi juga dapat menumbuhkan keterampilan pemecahan masalah yang lebih kreatif.


4. Mempertahankan fokus

Meditasi dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan perhatian atau fokus kita.

Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang mendengarkan rekaman meditasi mengalami peningkatan fokus dan akurasi saat menyelesaikan tugas, dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Sebuah penelitian serupa juga menunjukkan, orang yang secara teratur berlatih meditasi tampil lebih baik pada tugas visual dan memiliki rentang perhatian yang lebih besar daripada mereka yang tidak memiliki pengalaman meditasi.

Di samping itu, satu ulasan menyimpulkan, meditasi bahkan dapat membalikkan pola di otak yang berkontribusi pada kekhawatiran dan perhatian yang buruk.

Bahkan bermeditasi untuk waktu yang singkat setiap hari dapat bermanfaat seperti satu studi menemukan bahwa bermeditasi hanya 13 menit saja setiap hari mampu meningkatkan perhatian dan memori setelah delapan minggu.

Satu studi membandingkan program meditasi berbasis kesadaran dan menemukan, orang yang bermeditasi tetap tidur lebih lama dan tidak mengalami insomnia, dibandingkan dengan mereka yang memiliki kondisi kontrol tanpa obat.

Bermeditasi juga dapat membantu mengendalikan atau mengarahkan pikiran yang terburu-buru atau kabur yang sering menyebabkan insomnia.

Sebab, latihan meditasi dapat membantu merilekskan tubuh dan melepaskan ketegangan, yang menempatkan kita dalam keadaan damai di mana kita lebih mungkin untuk tertidur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/03/150000520/5-manfaat-meditasi-bagi-kesehatan-mental

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.