Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kakek 69 Tahun Menangi Tantangan Latihan Kekuatan

Melalui YouTube miliknya, Wilson juga berlatih dengan beberapa atlet berbakat dunia, mulai dari Eddie Hall yang berubah menjadi petinju, hingga binaragawan Martyn Ford.

Dalam video terbarunya, Wilson mengundang seorang pesenam berusia 69 tahun bernama Stephen Hyland.

Hyland telah memegang 90 rekor dunia di berbagai kategori chin up dan pull-up.

Untuk memamerkan keahliannya tersebut, Hyland pun berpartisipasi dalam sebuah tantangan yakni "ultimate gymnastics challenge".

Melakukan tantangan

Yang pertama adalah variasi  plank hold yang dilakukan dengan kedua tangan dan kaki diletakkan di atas permukaan yang ditinggikan.

Wilson ambruk hanya dalam beberapa detik, sementara Hyland mampu bertahan selama 30 detik penuh.

Selanjutnya adalah dragon, yakni mengangkat kedua kaki disaat tangan menopang tubuh pada tiang. Kaki didorong ke atas hingga sejajar dengan tiang, dan dilakukan berulang-ulang. 

Pada latihan ini, Hyland mampu menyelesaikan sembilan repetisi, sementara Nile hanya melakukan tiga.

Setelah itu, satu set push-up Superman dilakukan dengan satu tangan di belakang, dan yang lainnya diperpanjang dalam posisi overhead.

Lalu, Hyland menunjukkan variasi chin-up yang sulit.

Di mana, di antara setiap repetisi mereka harus melepaskan satu tangan dari mistar dan menurunkannya ke samping, lalu membawanya kembali lagi dan mengulanginya di sisi lain.

Wilson menyelesaikan 17 repetisi sebelum jatuh dari mistar, sementara Hyland hanya mengunggulinya dengan 18 repetisi, walaupun dia mengungkapkan ekor pribadinya sebenarnya adalah 48.

Selanjutnya, dalam uji stabilitas dan kekuatan, kedua pesenam harus melakukan perjalanan sejauh mungkin ke samping sambil mempertahankan papan panjang di antara dua balok keseimbangan.

Hyland berhasil mencapai ujung dan kembali ke tengah sebelum mematahkan papannya, tetapi Wilson memenangkan ronde ini dengan melintasi panjang balok dan kembali.

Akhirnya, untuk menentukan siapa yang memenangi kompetisi secara keseluruhan, Hyland dan Wilson melihat siapa yang bisa memegang posisi chin-up paling lama dan Hyland akhirnya mengalahkan Wilson.

Perubahan rutinitas

Selain tampilan kekuatan, stabilitas, dan mobilitasnya yang mengesankan, Hyland juga berbicara tentang rutinitas latihannya yang telah dia sesuaikan seiring bertambahnya usia.

Saat ini, Hyland hanya memasukkan empat latihan 90 menit seminggu, serta apa yang disebutnya sebagai program pemeliharaan yang melibatkan rutinitas pemanasan dan pendinginan selama 20 menit.

"Jelas, saya sedikit lebih lambat dari biasanya, terutama saat berlari sekarang," kata dia.

"Saya melakukan lebih banyak power-walking sekarang dan jika saya berlari, itu selalu sprint. Ini seperti latihan tanpa semua bagian yang membosankan," tambah dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/03/210000820/kakek-69-tahun-menangi-tantangan-latihan-kekuatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke