Salin Artikel

Tantangan yang Dirasakan Tasya Kamila dalam Mengasuh Sang Buah Hati

KOMPAS.com - Kesibukan baru menjadi seorang ibu dan memelajari seluk-beluk soal parenting menjadi tantangan yang tengah dialami Tasya Kamila saat ini.

Ia mengaku, kehidupannya benar-benar berubah usai melahirkan anak pertamanya, Arrasya Wardhana Bachtiar pada 2019 lalu.

"It's a life changing experience," kata Tasya dalam konferensi pers virtual Lilla yang diadakan pada Rabu (9/3/2022).

"Aku gak pernah ngerasain sebelumnya, apalagi ketika anak lahir. Baru tahu rasanya menjadi tempat bergantung 24 jam sehari, karena aku memberikan ASI eksklusif terus untuk Arrasya."

Menurut mantan penyanyi cilik Tanah Air ini, mengurus bayi yang baru lahir merupakan fase yang sulit.

"Ketika baru lahiran, enggak ada nanny yang bantu aku. Suami juga cuma bisa cuti dua minggu dan harus pergi bekerja di luar negeri. Jadinya aku ngurus anak sendirian," cetusnya.

"Sekarang dia (Arrasya) sudah masuk usia dua tahun. Menghadapi dia dengan berbagai macam negosiasi agar dia mau nurut sama aku itu juga enggak mudah."

Tantangan lain yang dirasakan Tasya adalah melimpahnya informasi yang beredar soal parenting di internet. Hal itu membuat istri Randi Bachtiar ini merasa kewalahan.

"Di sosmed banyak kesempatan buat cari informasi parenting, tapi terkadang orang yang bukan ahlinya soal ini malah banyak nge-share, jadinya kita sebagai new mom merasa overwhelm," sebutnya.

"Kadang juga yang bikin kita insecure, kita jadi banding-bandingin anak kita sama anak orang lain."

"Kita harus bisa memfilter berbagai informasi yang beredar supaya informasi yang kita dapatkan benar-benar valid," lanjut Tasya.

"Dengan mendapatkan informasi yang valid, kita bisa lebih tenang dalam menikmati motherhood journey kita."

Selain informasi yang terpercaya, support system berupa dukungan dari keluarga juga tidak kalah penting, ungkap wanita berusia 31 tahun ini.

"Penting banget untuk memiliki support system agar kita bisa waras dan memberikan yang terbaik bagi si kecil."

"Support system pastinya keterlibatan dan dukungan dari pasangan. Alhamdulillah aku dan suami bisa membangun komunikasi dengan baik walau saling berjauhan. Kita bisa menjadi tim dalam mengurus anak," jelas dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/09/204054820/tantangan-yang-dirasakan-tasya-kamila-dalam-mengasuh-sang-buah-hati

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.