Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Alasan Penting Mengapa Kita Perlu Menggunakan Skincare secara Rutin

KOMPAS.com - Tren merawat kulit wajah dengan berbagai macam produk skincare saat ini terus berkembang.

Tetapi, meskipun skincare memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, namun apakah kita harus selalu bergantung dan menjadikan penggunaan skincare sebagai rutinitas sehari-hari?

Dokter spesialis kulit dan wakil ketua komite medis Estetika Dr Affandi, Dr Yetti N. Affandi, SpKK, pun mengungkapkan bahwa menggunakan skincare secara rutin sangatlah penting.

Sebab, selain menjaga kesehatan kulit wajah, menggunakan skincare secara rutin juga mampu membantu kita merawat dan memperbaiki kulit agar menjadi lebih baik secara berkelanjutan.

"Kulit wajah kita memang harus selalu bergantung dengan skincare terus-menerus," terangnya dalam konferensi pers virtual peringatan ulang tahun ke-35 Estetika Dr Affandi, Rabu (9/3/2022).

"Ibarat meja itu harus selalu dirawat dan dibersihkan setiap hari supaya tidak berdebu, sama juga dengan kulit wajah kita," sambung dia.

Lebih lanjut, Dr Yetti pun memaparkan alasan-alasan penting lainnya mengapa kita perlu menggunakan skincare secara rutin sebagai berikut.

• Mencegah jerawat

Selain karena faktor hormonal, jarang menggunakan skincare juga bisa menyebabkan wajah kita berjerawat.

Bahkan, Dr Yetti menyarankan remaja dengan usia mulai dari 12 tahun perlu membiasakan diri menggunakan skincare guna mencegah timbulnya jerawat yang berlebihan.

"Pada remaja, masalah kulit yang paling umum ditemui adalah jerawat. Nah, dengan rutin menggunakan skincare, masalah jerawat sekaligus bekas-bekas jerawat bisa diatasi lebih dini," ungkapnya.

• Mengangkat sel-sel kulit mati

Paparan polusi dan gaya hidup kurang merawat kulit bisa membuat kulit kita rusak, serta tampak lebih kusam.

Dengan menggunakan skincare secara rutin, Dr Yetti mengatakan bahwa masalah ini bisa dicegah. Apalagi, skincare juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang berperan dalam pembentukan noda hitam di wajah.

"Kulit kita itu terus bertumbuh. Dengan menggunakan skincare setiap hari, maka sel-sel kulit mati kita akan mengalami pelepasan (eksfoliasi) secara gradual," jelasnya.

"Selain itu, menggunakan skincare secara rutin juga dapat mengurangi hiperpigmentasi atau munculnya bercak gelap pada kulit yang sering kali dialami oleh orang-orang berusia 35 tahun ke atas," lanjut dia.

• Mengontrol minyak berlebih

Untuk tipe kulit yang cenderung berminyak, penggunaan skincare yang tepat juga mampu membantu mengontrol minyak berlebih yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Menurut Dr Yetti, setiap orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda. Bagi yang kulitnya berminyak, pori-porinya akan terlihat lebih besar sementara yang memiliki tipe kulit kering biasanya pori-porinya terlihat lebih kecil.

"Meskipun skincare tidak bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori secara permanen, namun skincare dapat mengontrol sebum atau produksi minyak yang berlebihan," katanya.

"Sehingga, pori-pori juga bisa terlihat lebih kecil karena produksi minyak yang berkurang," ujar dia.

Tetapi, apabila wajah kita sangat sensitif dan tidak cocok menggunakan produk skincare tertentu, Dr Yetti merekomendasikan kita untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/11/105303320/3-alasan-penting-mengapa-kita-perlu-menggunakan-skincare-secara-rutin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke