Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Miliki "Fox Eye" Bak Bella Hadid? Ketahui Dulu Fakta Pentingnya

Tampilan yang disebut seperti mata rubah ini memang dianggap indah sekaligus menampilkan kesan seksi pada wanita.

Bella Hadid sendiri dikenal kerap menonjolkan fox eyes ini dalam berbagai look dan riasannya sehingga makin populer di kalangan pecinta mode.

Fox eye sebenarnya bisa didapatkan dengan kreasi riasan mata seperti mencukur alis dan menggambar sisi luar mata agar terlihat terangkat hingga ke pelipis.

Namun ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk mendapatkan mata ala Bella Hadid ini yakni dengan operasi plastik.

Metode ini memang bisa membuat mata kita terlihat apik dan tajam di sisi luar bak mata rubah namun menyebabkan rasa sakit, menyisakan bekas jahitan dan hasilnya berisiko tidak simetris.

Dikutip dari Insider, salah seorang pengguna TikTok, Jessie Carr mengaku prosedur bedah plastik untuk menciptakan fox eye membuat aliasnya tidak rata.

Ia juga mengalami pembengkakan selama berminggu-minggu dan pembuluh darahnya keluar selama prosedur.

Sementara itu, pengguna TikTok lainnya, Chloe Dayan, mengaku ada lekukan di pelipis yang menjorok.

"Itu adalah hal paling menyakitkan yang pernah saya lakukan sepanjang hidup saya, dan saya telah melakukan satu atau dua hal," katanya di akun TikTok.

"Saya melakuka hal bodoh yang muncul di wajah selama berbulan-bulan," sesalnya lagi.

Hal tersebut dikatakan oleh Dr. Alan Matarasso, ahli bedah plastik yang berbasis di Manhattan dan mantan Presiden American Society of Plastic Surgeons.

"Anda harus pergi ke ahli bedah plastik bersertifikat yang dapat menawarkan seluruh pilihan," ujarnya.

Matarasso mengatakan, operasi fox eye bukanlah prosedur pengangkatan wajah, yang memotong ke sisi wajah, rahang, dan leher dan menarik kelebihan kulit ke arah garis rambut.

Metode ini adalah prosedur non-bedah dan melibatkan penggunaan benang yang dapat larut untuk menarik kulit ke atas dan ke luar.

Dokter akan memasukkan benang yang akan menempel di bagian bawah kulit dan dapat ditarik ke sudut mata agar kulit tetap di tempatnya.

Matarasso menyebut, operasi fox eye lebih mirip teknik dengan operasi kelopak mata daripada pengangkatan wajah.

Operasi kelopak mata, atau blepharoplasty, adalah pilihan semi permanen ketika ahli bedah memotong kulit dan menghilangkan kelebihan lemak di kelopak mata atas.

Tindakan medis ini juga menghilangkan kelebihan lemak bawah untuk mengurangi tampilan kendur dan bengkak.

Matarasso mengatakan, pasien yang menjalani blepharoplasty tidak ingin mengubah bentuk mata mereka, melainkan menghilangkan tampilan penuaan.

Pengangkatan benang fox eye di sisi lain melibatkan perubahan bentuk mata dan alis pasien selama sekitar enam bulan.

Mempertahankan hasil dari pengangkatan benang fox eye bisa mahal, berisar Rp29 juta di AS.

Pasien memang perlu menjalani prosedur pengangkatan benang usai operasi fox eye, yang juga memiliki kelemahan.

Sebabnya, akan timbul ketidaksimetrisan antara kedua sisi, terkadang karena benang yang tidak tersangkut pada kulit dan menariknya.

Benang dimaksudkan untuk terserap ke bagian bawah kulit secara internal dan teknik untuk melakukannya tergantung ahli bedah.

Sanjay Grover, ahli bedah plastik bersertifikat yang berbasis di Newport Beach, California menyampaikan pendapatnya pula.

Ia mengatakan ada sedikit risiko penggunaan benang dapat merusak cabang temporal saraf wajah, yang membantu mengangkat dahi dan menutup mata.

Grover menyebut hal ini tergantung di mana jahitan ditempatkan dan ketebalannya.

Beberapa benang dapat terlihat di wajah pasien hingga larut, atau pasien mungkin merasakannya di wajah mereka.

Sementara Matarasso menambahkan, benang yang terlihat terkadang dapat dimanipulasi ke posisi yang lebih baik oleh ahli bedah.

Namun karena jahitannya lepas dan prosedurnya non-bedah, penampilan tersebut akan memudar bagi pasien yang tidak suka dengan hasil fox eye lift.

Meski demikian, kita tetap disarankan untuk menemui ahli bedah plastik bersertifikat atau ahli bedah plastik wajah jika ingin menjalani operasi fox eye.

Meskipun termasuk prosedur non-bedah, diperlukan keahlian dan pengetahun tingkat tinggi untuk melakukannya tanpa risiko berbahaya bagi kesehatan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/12/063000820/ingin-miliki-fox-eye-bak-bella-hadid-ketahui-dulu-fakta-pentingnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke