Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benedict Cumberbatch Buka Pintu Rumah untuk Pengungsi Ukraina

KOMPAS.com - Pemeran Doctor Strange, Benedict Cumberbatch berjanji untuk melakukan hal yang dia bisa kepada pengungsi Ukraina.

Dia menawarkan rumahnya untuk menjadi tempat singgah bagi para pengungsi dari Ukraina yang datang ke Inggris.

"Inilah yang saya coba lakukan untuk menunjukkan bahwa saya berdiri berdampingan dengan saudara-saudara saya yang sedang mendapat ujian ini," kata Benedict.

"Kita semua perlu melakukan lebih dari sekadar memakai lencana. Kita perlu membantu, menekan politisi untuk terus menciptakan keamanan bagi pengungsi dan melindungi orang-orang yang menderita,"

Hatinya pun semakin tersentuh ketika mengetahui banyak warga Inggris yang mendesak pemerintah Inggris untuk segera bertindak atas perang yang terjadi di Eropa. 

"Saya dengar banyak orang dengan sukarela membawa pengungsi ke rumah mereka. Saya berharap untuk bisa menjadi bagian dari itu juga," katanya.

Kepeduliannya terhadap warga Ukraina juga ditunjukkan aktor berusia 45 tahun itu dengan mengenakan pin kecil di jasnya yang bergambar bendera Ukraina saat berjalan di red carpet British Academy Film Awards 2022.

Dalam acara ini, pidato mengenai dukungan industri perfilman terhadap Ukraina juga diutarakan di awal acara. 

Di lain kesempatan, Menteri Teknologi Inggris, Chris Philp pada Jumat, 11 Maret 2022 mengatakan rencana Inggris membuka pintu untuk warga Ukraina akan terwujud dalam waktu dekat. 

Bahkan telah disiapkan skema-skema bagi pengungsi Ukraina yang dapat tinggal di rumah warga meski tidak ada ikatan keluarga. 

"Kami akan membuat pengumuman dalam waktu dekat tentang skema untuk warga lokal Inggris. Kami sebagai warga Inggris menyambut pengungsi Ukraina," paparnya.

Benedict bukan satu-satunya figur publik yang peduli dengan sesama, khususnya warga Ukraina yang terdampak invasi Rusia.

Supermodel Bella dan Gigi Hadid sempat menyumbangkan pendapatannya dari ajang Paris Fashion Week, pekan lalu.

Keluarga Kerajaan Inggris juga diketahui turut mengulurkan bantuan melalui Royal Foundation bagi para pengungsi Ukraina.

Begitu pula dengan bintang Homes Under The Hammer, Martin Roberts yang rela mengemudi 26 jam untuk memberikan bantuan ke perbatasan Ukraina - Polandia.

Sejak invasi Rusia pada dua pekan lalu, diperkirakan 2,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina ke sejumlah negara tetangga dan Inggris juga akan membuka pintu bagi pengungsi dari Ukraina.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/14/205303520/benedict-cumberbatch-buka-pintu-rumah-untuk-pengungsi-ukraina

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.