Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksi Dukung Ukraina, Selebritas Pakai Pita Biru di Oscar 2022

Sejumlah selebritas yang datang di Dolby Theatre, Los Angeles, AS pada Minggu (28/3/2022) waktu setempat mengenakan aksesori berupa pita biru, pin hingga aksesori lain berwarna bendera Ukraina sebagai bentuk solidaritas.

Badan Pengungsi PBB memberikan pita yang tertulis tagar #withrefugees pada sejumlah selebritas untuk dipakai sebelum dan selama gelaran Oscar berlangsung.

Jamie Lee Curtis adalah salah satu bintang pertama yang terlihat mengenakan pita biru sebagai cincin di jari manisnya.

Kemudian Jason Momoa juga terlihat mengenakan pocket square di setelan suitnya yang berwarna seperti bendera Ukraina.

Selain itu beberapa artis lain yang menunjukkan solidaritasnya untuk Ukraina adalah Samuel L. Jackson, Diane Warren, Yuh-Jung Youn, Nicholas Britell dan Paolo Sorrentino.

"Film yang dinominasikan Oscar tahun ini mencakup beberapa cerita kuat yang berpusat pada tema pengungsi, pengungsian, rumah dan kepemilikan,"

Begitu kata Anadil Hossain, Penasihat Komunikasi untuk Komisaris Tinggi PBB untuk Badan Pengungsi, seperti dilansir Elle.

Sejumlah film yang dimaksud itu mencakup beberapa judul seperti Encanto, Flee, Three Songs untuk Benazir, Belfast, dan Dune.

Para selebritas yang datang diharapkan dapat menunjukkan solidaritas mereka untuk Ukraina, sekaligus memberikan dukungan kepada hampir 84 juta orang di seluruh dunia yang terpaksa mengungsi.

Sebelum acara dimulai, sebuah pernyataan dari pihak Academy juga ditampilkan sebagai renungan dan bentuk solidaritas terhadap situasi sulit yang dialami orang-orang yang terdampak akibat konflik politik.

"Meskipun film adalah jalan penting bagi kami untuk mengekspresikan kemanusiaan di saat konflik."

"Kenyataannya adalah jutaan keluarga di Ukraina membutuhkan makanan, perawatan medis, air bersih, dan layanan darurat. Sumber daya langka, dan kami - secara kolektif sebagai komunitas global - dapat berbuat lebih banyak,"

Demikian tertulis dalam pernyataan tersebut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/29/061626220/aksi-dukung-ukraina-selebritas-pakai-pita-biru-di-oscar-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke