Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Headphone Ini Juga Bisa Berfungsi sebagai Masker

KOMPAS.com - Apa fungsi sebuah headphone? Jawabannya mudah, untuk mendengarkan lagu atau video yang diputar di perangkat elektronik.

Sekarang, bagaimana jika sebuah headphone juga dapat berfungsi sebagai masker wajah untuk menghalau debu dan polusi?

Inovasi menarik ini dikembangkan oleh Dyson, penyedia alat penyedot debu dan pengering rambut.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini mengenalkan perangkat wearable pertama yang berfungsi untuk mendengarkan audio berkualitas tinggi, sekaligus sebagai pembersih udara (air purifier).

Diberi nama Dyson Zone, headphone tersebut akan memberikan suara yang imersif di telinga dan mengalirkan udara bersih ke hidung dan mulut melalui visor bebas kontak (contact-free).

Dyson Zone dirancang untuk mengatasi masalah yang umum terjadi di kota-kota besar di dunia, seperti kualitas udara yang buruk dan polusi suara.

Nah, filter itulah yang akan menghalau 99 persen polusi partikel berukuran 0,1 mikron, seperti debu, serbuk sari, dan bakteri.

Lewat uji coba yang dipimpin teknisi audio perusahaan, Dyson Zone dilengkapi sistem peredam bising (noise cancellation) dan sistem elektroakustik neodymium yang memberikan respons frekuensi lebar.

Kedua sistem yang dipasang juga membuat suara di headphone terdengar seimbang di bagian kiri dan kanan dan distorsi yang rendah.

Pengguna dapat mengatur empat mode pemurnian udara, dan tiga mode ANC.

Selain itu, purifier visor dapat dilepas untuk diganti dengan masker wajah FFP 2 (setara standar internasional yang dikenal sebagai masker N95 dan KN95).

Dilaporkan Hypebeast, Dyson Zone dapat dibeli secara online dan melalui sejumlah toko Dyson di seluruh dunia dalam beberapa bulan mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/31/065519220/unik-headphone-ini-juga-bisa-berfungsi-sebagai-masker

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke