Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Will Smith Mundur dari The Academy, Simak Pernyataan Lengkapnya..

"Saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," demikian bunyi pernyataan yang disampaikan juru bicaranya, dikutip dari CNN.

Keputusan ini diambil setelah ia panen kritikan pascainsiden yang melibatkan Chris Rock di panggung Oscar 2022, awal pekan lalu.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences merupakan organisasi yang beranggotakan bintang film, sutradara dan produser yang terkenal, sekaligus penyelenggara Oscar.

Dengan pengunduran diri ini, maka suami Jada Pinkett Smith ini tak lagi berhak memberikan suara pada film maupun karya lainnya yang masuk nominasi Oscar setiap tahunnya. 

Namun ia masih bisa masuk dalam nominasi Oscar di tahun-tahun mendatang, selama karyanya memenuhi syarat dan kualitas yang ditetapkan The Academy.

"Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk berusaha guna memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih akal sehat," kata bintang Men in Black ini.

David Rubin, Presiden, Academy of Motion Picture Arts and Sciences, mengatakan telah menerima pengunduran diri dari peraih Best Actor tersebut.

"Kami akan terus melanjutkan proses disipliner kami terhadap Tuan Smith atas pelanggaran Standar Perilaku The Academy, sebelum pertemuan dewan terjadwal berikutnya pada 18 April," tambahnya.

Tindakan disiplin yang dilakukan The Academy termasuk penangguhan keanggotan atau pemberhentian, bersama dengan sanksi lain yang diizinkan oleh Anggaran Rumah Tangga dan Standar Perilaku.

"Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya akan sepenuhnya menerima setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya. Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan. Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang. dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang terkasih saya, semua yang hadir, dan pemirsa global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Akademi. Saya menghilangkan nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan pekerjaan mereka yang luar biasa. Saya bersedih hati. Saya ingin memfokuskan kembali pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian mereka dan memungkinkan Akademi untuk kembali ke pekerjaan luar biasa yang dilakukannya untuk mendukung kreativitas dan seni dalam film. Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan. Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi dalam membiarkan kekerasan menyalip akal sehat."

Pernyataan Will Smith ini dianggap sebagai pengakuan paling penuh penyesalan pasca kejadian di Dolby Theatre Hollywood, California itu.

Ia awalnya sempat meminta maaf kepada The Academy serta nominator lainnya saat menyampaikan pidato penerimaan Oscar, sekitar 40 menit sebelum kejadian.

Namun ayah Willow Smith itu tidak menyertakan nama Chris Rock, yang membuatnya menjadi sasaran kritik banyak orang.

Ia baru meminta maaf kepada komedian yang membintangi Madagascar itu lewat Instagram, keesokan harinya.

Sejumlah foto yang menyebar juga menunjukkan keluarga Smith tetap berpesta usia acara Academy Awards ke-94 itu, yang dinilai mengindikasikan ketiadaan penyesalan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/02/111105020/will-smith-mundur-dari-the-academy-simak-pernyataan-lengkapnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke