Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Balutan Kesederhanaan dan Kenyamanan pada Gaun Uniqlo x Hana Tajima

KOMPAS.com – Desainer berdarah Inggris-Jepang, Hana Tajima kembali diajak berkolaborasi bersama Uniqlo untuk Musim Semi/ Panas tahun ini.

Dinamai “Hana Tajima for Uniqlo Spring/ Summer 2022”, keduanya menghadirkan koleksi gaun dengan desain sederhana, elegan, namun juga nyaman digunakan para wanita dalam kehidupan sehari-hari.

Digandengnya Hana Tajima untuk Musim Semi/ Panas 2022 tentu merupakan hal yang menarik.

Pasalnya, di industri fesyen ia dikenal sebagai desainer yang memiliki pemikiran kontemporer dan desain yang fungsional.

Karya-karya Hana Tajima juga mampu mencuri perhatian internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut disebabkan desain busana rancangan Hana Tajima yang unik dan dipengaruhi lingkungan yang beragam.

“Koleksi ini adalah ekspresi kegembiraan dan harapan. Saya ingin mendatangkan perasaan nyaman dan ceria pada setiap orang yang memakainya,” ujar Hana.

Walau ia sudah pernah berkolaborasi bersama Uniqlo pada tahun 2020 dan 2021, namun ini merupakan koleksi gaun pertama rancangan Hana Tajima pertama untuk Uniqlo.

“Gaun seharusnya menjadi pakaian paling sederhana yang mampu membuat seseorang terlihat anggun, berani, dan juga ikonik,” ujar Hana Tajima.

“Detail halus dan tekstur kain pun ikut bergerak mengikuti tubuh. Corak dan warna juga berpadu untuk menyajikan tampilan yang menyegarkan,” tambahnya.

Detail koleksi

Koleksi Uniqlo x Hana Tajima mengedepankan sejumlah warna cerah, seperti biru tua dan hijau yang terinspirasi oleh alam.

Gaun dalam balutan kain telah melewati proses salt shrinking untuk menambah kepadatan.

Di sisi lain, gaun Unqilo x Hana Tajima juga dirancang dengan lengan mengembang untuk mempertahankan bentuk ramping berkat bahannya yang ringan.

Gaun kamisol dengan hemline mengalir dapat dipadukan dengan kemeja atau blus untuk mengekspresikan kepribadian pemakainya.

“Jahitan yang melengkung di sekitar tubuh pada gaun kamisol tersebut mampu menciptakan bentuk yang menarik serta meleluasakan gerakan,” tutur Hana Tajima.

“Anda mungkin tidak akan memperhatikan detil ini hanya dengan melihatnya. Anda baru akan menyadari bahwa gaun ini dibuat khusus untuk tubuh Anda saat memakainya sendiri.”

Sementara stole berukuran besar yang dapat dikenakan di bahu bisa dikombinasikan dengan pola bunga taman supaya terlihat cocok untuk beraneka macam gaya.

“Saya ingin menciptakan sesuatu yang terlihat berani. Gaun yang saya rancang untuk Uniqlo memang terlihat sederhana, namun terasa menyenangkan ketika dipakai,” ungkap Hana Tajima.

Hana Tajima menuturkan, inspirasi yang ia dapat untuk merancang gaun bersama Uniqlo adalah lightness alias kemudahan dalam bergerak.

Ia menemukan inspirasi tersebut dalam kain busana yang digunakannya dan Hana Tajima memasukkan hal ini ke dalam setiap detail dan cara gaun bergerak saat dipakai.

“Setiap gaun mewakili suasana hati atau aspek tertentu dari kepribadian saya. Saya menyukai keserbagunaan gaun kamisol jersey panjang dan juga cara kami merancangnya,” terangnya.

Dalam penentuan bahan, Hana Tajima memilih yang cocok untuk musim panas. Sehingga ia menggunakan bahan berserat alami yang memungkinkan kulit untuk bernapas.

Pilihannya kemudian terarah pada katun salt shrink sebab bahannya yang ringan dan strukturnya nan halus.

“Kami berhasil mengembangkan pola permukaan unik yang dapat menambahkan tekstur yang memukau,” katanya.

Sementara untuk pemilihan warna, desainer yang berbasis di New York, AS tersebut memilih tampilan yang memiliki kesan berani dan menyenangkan.

Hana Tajima memilih warna yang menghadirkan nuansa feminin non-tradisional dan cocok dengan segala warna kulit. Coraknya pun memberikan kesan dinamis pada koleksi ini.

Rencananya, Hana Tajima for Uniqlo Spring/ Summer 2022 akan diluncurkan pada tanggal 15 April mendatang.

Uniqlo akan menjual koleksi gaun rancangan Hana Tajima melalui situs resmi uniqlo.com, toko Uniqlo Pondok Indah Mall 1 dan 3.

Uniqlo juga akan menyediakan koleksi terbarunya tersebut di sejumlah toko di seluruh Indonesia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/03/085338320/balutan-kesederhanaan-dan-kenyamanan-pada-gaun-uniqlo-x-hana-tajima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke