Salin Artikel

Agar Tak Lemas saat Puasa, Ada 7 Jenis Buah yang Baik untuk Sahur

Tujuannya tak hanya sebagai pemenuhan nutrisi harian, tapi bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh agar tidak lemas menjalani ibadah puasa seharian penuh. 

Menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan, kita dapat untuk melengkapi asupan buah untuk dikonsumsi saat sahur.

Berikut adalah tujuh pilihan buah yang baik dikonsumsi agar badan tetap fit dan segar selama berpuasa. 

1. Pepaya

Pepaya mengandung banyak nutrisi, mulai dari beta karoten, vitamin C, E, antioksidan, antikarsinogenik hingga carotenoid.

Buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan sistem pencernaan serta imunitas tubuh.

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Kandungan pektin pada apel dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Namun, mengingat zat gizi konsentrat pada buah apel terletak pada bagian bawah kulitnya. Akan lebih bermanfaat jika apel langsung dikonsumsi tanpa dikupas.

Alpukat termasuk buah yang kaya serat. Banyak peneliti menyebutkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki alpukat juga bagus dalam mengontrol kadar kolesterol saat berpuasa.

Buah alpukat dapat dijadikan campuran smoothie atau segelas kecil jus alpukat untuk dinikmati saat sahur.

Melansir buku Jus Buah & Sahur Peningkat Daya Tahan Tubuh (2020) dari Tuti Soenardi, buah pisang mengandung kadar gula yang cepat diserap tubuh untuk menjadi sumber tenaga.

Pisang juga sumber kalium yang sangat penting untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh. Khasiat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi.

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa.

Nutrisinya juga baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa dan mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

Meski termasuk buah yang menyehatkan, tapi bagi yang memiliki riwayat penyakit asam lambung disarankan konsumsi jeruk setelah makan agar tidak memicu ketidaknyamanan di perut.

Sama seperti jeruk, jambu biji juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah yang berwarna merah muda ini tak hanya cocok dikonsumsi sebagai minuman jus atau dessert saat berbuka, melainkan bagus juga untuk sahur.

Buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang baik menjaga tubuh agar tetap bugar selama puasa.

Buah mangga kaya akan vitamin C, A dan antioksidan untuk menjaga kebugaran tubuh serta kalori yang cukup untuk mencegah tubuh lemas saat berpuasa. 

Di samping itu, buah mangga juga kaya akan antioksidan, betakaroten, yang mendorong tubuh membentuk kekebalan dari serangan penyakit. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/04/180833920/agar-tak-lemas-saat-puasa-ada-7-jenis-buah-yang-baik-untuk-sahur

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.