Salin Artikel

5 Rekomendasi Minuman Segar dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Namun ketika berbuka, sebaiknya jangan asal minum. Sebab, tubuh kita kehilangan banyak cairan ketika berpuasa.

Sementara jika asupan cairan yang kita minum tidak dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat, maka dampaknya bisa menyebabkan dehidrasi.

Maka dari itu, penting untuk mencukupi asupan cairan tubuh dengan minuman yang dapat mengisi kembali cairan dengan cara sehat serta dapat mencegah dehidrasi.

Berikut lima minuman sehat yang nikmat sekaligus menyehatkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

1. Infused water

Infused water dapat menjadi pilihan minuman berbuka puasa yang sehat dan nikmat.

Minuman ini biasanya dibuat dengan potongan buah-buahan segar yang direndam dengan air dingin, serta dan disimpan dalam kulkas dalam waktu beberapa jam.

Rasanya memang tidak terlalu manis, tapi aroma buah yang terendam di dalam air dapat membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

Selain itu, minuman ini juga lebih menyehatkan ketimbang air putih biasa, karena campuran buah yang di-infused dapat memberikan nutrisi dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh.

2. Air kelapa

Selama Ramadhan, mungkin kita kerap menjumpai banyak pedagang yang menjual kelapa. Buah satu ini termasuk sebagai minuman nikmat yang cocok dikonsumsi saat berbuka.

Selain dapat menghidrasi tubuh, air kelapa juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, magnesium, natrium, serat, kalsium dan mangan.

Minum air kelapa saat berbuka puasa juga berkhasiat dalam menggantikan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Seperti diketahui, elektrolit ini adalah mineral penting yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dalam mencegah dehidrasi.

3. Jus buah-buahan

Jus buah-buahan bisa menjadi pilihan minuman nikmat dan sehat untuk berbuka puasa.

Minuman satu ini dapat dibuat dari buah-buahan yang kita suka. Cukup ditambahkan air, sedikit es batu, sedikit gula dan blender sampai halus.

Selain dapat melegakan dahaga, jus buah juga mengandung nutrisi dan vitamin dari buah yang kita sukai.

Misalnya jus melon atau semangka yang mengandung banyak air. Khasiat dari jus ini bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

Sementara pada jus alpukat atau pisang, keduanya kaya akan kalium yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

4. Teh hijau

Teh hijau yang menenangkan dapat menjadi alternatif minuman nikmat untuk berbuka puasa.

Minuman ini mengandung antioksidan yang disebut katekin dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa berdampak pada penurunan berat badan.

Mengonsumsi segelas teh hijau saat berbuka, juga dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang sekaligus mengembalikan energi.

Kita dapat menikmati segelas teh hijau dengan campuran sedikit gula cair dan bisa diseruput dalam keadaan dingin atau hangat.

5. Minuman yogurt

Yogurt tak hanya hadir dengan tekstur kental. Sejumlah merek yogurt di pasaran juga tersedia yogurt kemasan siap minum yang rasanya segar dan cocok dinikmati saat berbuka puasa.

Mengonsumsi yogurt saat berbuka dapat kembali mengisi cairan tubuh yang hilang, tapi meningkatkan kesehatan sistem pencernaan saat berpuasa karena kandungan probioitk atau bakteri baiknya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/11/100000720/5-rekomendasi-minuman-segar-dan-sehat-untuk-berbuka-puasa

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.