Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Ajang Les Voiles de St Barth, Richard Mille Bikin Arloji Khusus

KOMPAS.com - Penggemar olahraga air mungkin pernah mendengar perlombaan yang disebut Les Voiles de St Barth Richard Mille.

Lomba layar yang biasanya diadakan di Laut Karibia ini pertama kali digagas oleh Francois Tolede dan Luc Poupon pada tahun 2010.

Sebanyak 15 negara, dengan hampir 800 pelaut dan deretan kapal yang spektakuler berpartisipasi di perlombaan tersebut setiap tahunnya.

Pada tahun ini, pembuat jam Richard Mille mengumumkan digelarnya kembali Les Voiles de St Barth Richard Mille setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi.

Berlangsung selama enam hari di Laut Karibia, edisi ke-11 turnamen kali ini diikuti 700 peserta yang tersebar di 71 tim seperti Maxis, Super Maxis, Multihulls, Spinnakers, Melges 24s, dan banyak lagi.

Dalam rangka menyambut Les Voiles de St Barth Richard Mille yang akan datang, watchmaker Swiss itu mengenalkan desain penunjuk waktu RM 032 Voiles de Saint Barth.

Jam tangan ini dibekali kemampuan tahan air hingga kedalaman 300 meter.

Dari segi pewarnaan, Richard Mille menggabungkan aksen carribean blue dengan material TPT Quartz putih.

Sebagai catatan, TPT Quartz adalah material berupa mineral kuarsa dan senyawa karbon yang diproduksi perusahaan NTPT untuk kebutuhan balapan kapal.

Richard Mille bekerja sama dengan NTPT untuk menyematkan material itu pada cangkang arloji, dan upaya ini sudah dilakukan pembuat jam sejak awal tahun 2015.

Bagian tengah cangkang RM 032 Voiles de Saint Barth menggunakan material titanium grade 5, diapit lug, insert, dan cangkang belakang yang terbuat dari TPT Carbon.

Jam tangan dengan dial transparan (skeleton) ini juga dilengkapi fitur flyback chronograph, kalender tahunan, penunjuk arah, satu subdial di indeks jam 6, serta crown pengunci setengah putaran.

Richard Mille RM 032 Voiles de Saint Barth dilepas dalam jumlah terbatas 120 unit, dengan label harga 245.000 dollar AS (lebih kurang Rp 3,5 miliar).

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/16/163927020/sambut-ajang-les-voiles-de-st-barth-richard-mille-bikin-arloji-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke