Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Pria 44 Tahun Turunkan Bobot 18 Kg dan Sukses Membangun Otot

Hal tersebut pun dirasakan oleh seorang pria bernama Michael yang tinggal di Amsterdam, Belanda, saat membagikan perjalanan transformasi tubuhnya dengan Men's Health.

Transformasi awalnya bermula ketika pria yang kini berusia 44 tahun itu diajak seorang teman untuk melakukan olahraga air yakni wakeboarding.

Bukan saja tidak bisa memakai pakaian selam, tapi Michael benar-benar tidak bisa berdiri di papan wakeboard untuk melakukan olahraga tersebut.

"Saya merasa sakit dan lelah setelah percobaan pertama. Saya harus berhenti untuk hari itu dan gagal mencoba aktivitas baru. Jadi, saya sangat kecewa," ungkap dia.

Tak hanya itu, temannya pun memberikan komentar menyakitkan tentang tubuhnya yang gemuk dan itu membuatnya sangat terpukul.

"Oleh sebab itu, saya akhirnya memutuskan untuk mengubah tubuh saya dengan mendaftarkan diri di gym Amsterdam Ultimate Performance," terangnya.

Sebelum memulai perjalanan kebugarannya, Michael mengaku sering merasakan energi rendah, bahkan setelah tidur malam yang nyenyak.

Dia juga tidak bisa berlari dengan baik sama sekali, karena kakinya tidak bisa bergerak dengan benar untuk berlari. Jadi, itu yang memotivasinya untuk hidup lebih bugar

Mengonsumsi makanan sehat

Dalam proses transformasi tubuhnya, Michael mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

Adapun makanan harian selama fase dietnya didasarkan pada makro — protein, karbohidrat, dan lemak — dengan batas kalori.

"Saya biasanya sarapan dengan telur, sayuran, alpukat, dan ayam atau daging sapi, serta memvariasikan format sayuran dan telur agar semuanya tetap menarik," ujar dia.

Untuk makan siang, Michael dan sang istri biasanya membuat meal prep berupa sayuran dan lauk segar untuk diolah menjadi makanan.

"Kami menjadikan hari Minggu sore sebagai waktu persiapan makan bersama."

"Kami akan memilih makanan kami untuk minggu ini, berbelanja bahan makanan dan bekerja sama untuk membuatnya menjadi proses yang mudah," kata dia lagi.

Sedangkan untuk makan malam, dia biasanya mengonsumsi protein berkualitas seperti daging sapi tanpa lemak, dada ayam atau ikan dengan sayuran panggang yang sudah dibumbui.

Rutin latihan

Menurut Michael, latihan secara rutin, paling tidak tiga jam setiap sesi per minggu dapat membantu penurunan berat badan.

Pelatihnya yang bernama Aaron pun membuat latihan khusus untuk dia dan sang istri berdasarkan program dari tujuan yang diinginkan.

"Dia menyuruh saya melakukan dua hari latihan seluruh tubuh dengan pelatihan metabolisme di akhir setiap sesi dan latihan tubuh bagian atas pada hari ketiga, karena salah satu tujuan saya adalah membentuk dada dan bahu," terangnya.

"Salah satu latihan khusus yang menurut saya sangat menantang adalah split squat. Dalam beberapa minggu, latihan ini mampu mengurangi lemak dan membuat kinerja tubuh saya lebih baik."

"Aaron sangat membantu saya belajar makan, berlatih, dan hidup sehat," sambung dia.

Hasil penurunan berat badan

Michael mengatakan, selama 17 minggu, dia kehilangan total 17,4 kilogram dan 15,5 persen lemak tubuh.

"Ketika keluarga saya datang berkunjung pada bulan Desember 2021, mereka tidak mengenali saya saat saya menjemput mereka di bandara," ungkap dia.

"Setelah mengetahui perjalanan kebugaran saya, mereka kagum dan memuji transformasi yang benar-benar meningkatkan perasaan harga diri saya dan membuat saya bangga dengan kerja keras yang saya lakukan," tutur dia.

Pada gilirannya, hal ini sangat berkontribusi pada kepercayaan dirinya di banyak bidang kehidupan.

Kehidupan kerja Michael bahkan telah meningkat. Dia menjadi lebih fokus dan berenergi selama hari kerja, apalagi latihan secara rutin membantunya melepaskan stres di tempat kerja.

"Setelah mencapai tujuan penurunan berat badan saya, target saya berikutnya adalah untuk mendapatkan massa otot," kata Michael.

"Saran terbaik yang dapat saya berikan kepada seseorang yang ingin memulai perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik adalah menemukan program yang menurut mereka akan berhasil untuk mereka dan berkomitmen untuk itu 100 persen," saran dia.

Pergi berolahraga dan mengikuti rencana diet merupakan bagian terpenting dari perjalanan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran.

Jadi, kita hanya perlu menikmati proses yang mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

"Satu hal yang juga ingin saya tekankan adalah pentingnya memiliki pelatih yang baik untuk membantu kita memulai dan termotivasi," terangnya.

"Aaron telah berperan penting dalam transformasi saya, memotivasi saya untuk terus mendorong, mengajari saya cara makan untuk menurunkan, dan mempertahankan berat badan," imbuh dia.

Berkat usahanya tersebut, sampai saat ini Michael diketahui telah menurunkan berat badannya hingga 18 kg.

Dia juga dapat membangun otot-otot yang membuat tubuhnya tetap kuat dan bugar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/17/090000020/cerita-pria-44-tahun-turunkan-bobot-18-kg-dan-sukses-membangun-otot-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke