Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Kita Menggunakan Sunscreen Saat Beraktivitas di Rumah?

KOMPAS.com - Merawat kulit wajah secara optimal bisa dilakukan dengan menggunakan sunscreen setiap hari.

Salah satu tujuannya adalah untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan ultraviolet (UV) dari sinar matahari yang berpotensi merusak kulit.

"Pakai sunscreen setiap hari merupakan salah satu cara efektif dalam mencegah kerusakan kulit," papar Dermatolog, Claudia Christin MBBS, Ph.D, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Seperti kita ketahui, sinar matahari memiliki dua jenis sinar UV yang disebut UVA dan UVB. UVA diketahui menjadi penyebab masalah kulit yang menimbulkan penuaan atau aging.

Sedangkan UVB dapat mengakibatkan sunburn atau kulit terbakar sampai munculnya noda hitam ketika terlalu lama terpapar sinar matahari. Keduanya sama-sama berpotensi merusak kulit hingga menyebabkan kanker kulit.

Itulah yang mendasari mengapa penggunaan sunscreen itu penting. Tak terkecuali ketika kita beraktivitas di dalam ruangan.

Mungkin selama ini kita berpikir menggunakan sunscreen hanya dibutuhkan saat kita ingin bepergian atau beraktivitas di luar ruangan.

Tapi ternyata, menggunakan sunscreen meski cuma di dalam ruangan atau di rumah juga diperlukan.

"Masih banyak orang lupa atau bahkan tidak tahu, sunscreen juga perlu loh digunakan meski kita di rumah," tambah dia.

Sinar UVA berada pada pita gelombang terpanjang yang mencapai 280-325 nm. Hal tersebut mampu membuatnya menembus awan, kaca, bahkan pakaian.

Berada di dalam rumah sekalipun dapat membuat kita terpapar sinar UVA terutama jika beraktivitas di dalam ruangan yang berdekatan dengan kaca.

"Terutama jika kita beraktivitas di dalam ruangan dekat jendela atau di rooftop. Itu tetap perlu pakai sunscreen untuk melindungi kulit," pungkas Claudia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/18/103923720/perlukah-kita-menggunakan-sunscreen-saat-beraktivitas-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke