Salin Artikel

Tips Memilih Air Fryer untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat berbagai peralatan rumah tangga semakin praktis dan mudah digunakan.

Misalnya saja pada peralatan masak seperti air fryer yang sempat hangat diperbincangkan beberapa waktu belakangan.

Air fryer kini tak cuma dicari orang sebagai alternatif pengganti minyak goreng. Tetapi dibutuhkan inovasi terbaru guna mendukung gaya hidup sehat di era yang serba praktis.

"Aktivitas yang sudah kembali normal, gaya hidup serba cepat serta jadwal pekerjaan yang makin padat, menjaga kesehatan menjadi yang terpenting,"

Seperti yang dikatakan Indra Herdian, Product Manager Modena di talkshow bertema “Healthy Home Living”, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (18/4/2022).

Salah satu produsen home appliance di Indonesia tersebut melihat adanya dorongan untuk hidup sehat dari perubahan fase pandemi yang menuju endemi di tengah masyarakat.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan saat sebelum membeli air fryer dengan memerhatikan fiturnya dan teknologinya.

1. Pilih air fryer dengan 360 derajat sirkulasi panas

Konsep dasar dari air fryer adalah memasak dengan menggunakan sistem sirkulasi udara panas yang suhunya mencapai 200 derajat celcius.

Namun sepertinya tidak semua air fryer memiliki fitur tersebut. Fitur 360 derajat rapid heat circulation dapat membuat sistem sirkulasi udara lebih efektif dalam proses memasak.

"Air fryer dengan sirkulasi udara 360 derajat cukup menggunakan satu sendok makan, sekitar 15 ml minyak goreng," kata Indra.

"Jadi karena less oil, makanan lebih sehat, rendah kalori dan pastinya hemat juga di kantong."

2. Fitur pre-set cooking

Bagi masyarakat yang memiliki aktivitas dengan mobilitas tinggi dan padat, akan sangat terbantu dengan adanya fitur Pre-Set cooking menus.

Dengan fitur tersebut kita dapat memilih sendiri berbagai fungsi seperti air fry, dehydrate, bake, defrost dan lainnya sesuai kebutuhan.

Sehingga dalam satu alat bisa melakukan semua kebutuhan memasak tanpa harus mengandalkan perabotan masak lainnya.

3. Mudah dibersihkan

Chef Beng, jebolan MasterChef Indonesia season 2 yang hadir di kesempatan yang sama juga memberikan tips memilih air fryer yang tepat.

Dia mengatakan, demi menjaga kesehatan air fryer harus terbuat dari material atau komponen yang mudah dibersihkan.

"Pilih air fryer yang mudah dibersihkan karena penggunaannya bersentuhan dengan makanan agar lebih higienis," paparnya.

"Bahkan kalau bisa yang setiap partisinya mudah dilepas agar lebih mudah untuk dibersihkan."

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Semakin besar ukuran air fryer biasanya semakin besar pula kapasitasnya. Maka dari itu, perhatikan kapasitasnya dulu sebelum membeli air fryer.

Sesuaikan dengan kebutuhan, jika cukup sering digunakan untuk memasak satu keluarga lengkap, air fryer dengan kapasitas besar bisa jadi pilihan.

Sementara pikirkan juga soal daya listriknya. Air fryer dengan kapasitas yang lebih besar juga memakan daya listrik yang besar pula.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/19/080953920/tips-memilih-air-fryer-untuk-mendukung-gaya-hidup-sehat

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.