Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kopi Hitam, Solusi Nikmat Menumpas Lemak Perut

KOMPAS.com - Minum kopi tidak hanya menghalau rasa kantuk namun juga menjaga kesehatan jantung dan menghilangkan lemak perut.

Ada pun, keberadaan lemak perut tidak bisa dilepaskan dari tumpukan lemak visceral yang jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes tipe-2, dan stroke.

Dari banyaknya jenis kopi di dunia, kopi hitam merupakan pilihan terbaik yang bisa bisa diminum untuk tujuan tersebut.

Fakta itu diungkapkan oleh ahli diet terdaftar yang juga penulis "The First Time Mom's Pregnancy Cookbook", Lauren Manaker, MS, RDN.

"Kopi berkafein secara alami mengandung banyak senyawa yang mendukung penurunan berat badan," kata Manaker.

Supaya manfaat kopi dapat dirasakan, ia menyarankan orang-orang untuk meminumnya secara murni alias tanpa tambahan krim atau perasa.

"Kopi adalah minuman rendah kalori dan dikemas dengan antioksidan yang bisa berdampak fantastis untuk penurunan berat badan."

Cara kerja kopi menghilangkan lemak perut

Para peneliti menemukan, kopi dapat membantu penurunan berat badan.

Secara umum ada dua teori utama yang mendasarinya, yakni kandungan kafein dalam kopi atau senyawa unik yang dikandungnya.

Untuk membuktikan kebenaran kopi dapat menghilangkan lemak di perut, sebuah penelitian kemudian dilakukan.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health memantau secara ketat 126 peserta selama 24 minggu yang dianggap kelebihan berat badan dan tidak tahan insulin.

Peneliti menemukan, minum sekitar empat cangkir kopi per hari tidak banyak berpengaruh pada resistensi insulin tetapi dikaitkan dengan kehilangan lemak tubuh.

Salah satu peneliti utama berteori bahwa efek itu disebabkan oleh kandungan kafein kopi dan kemampuannya untuk mempercepat metabolisme.

Sementara studi lain yang diungkap melalui Science Daily mendapati temuan yang tidak kalah menariknya.

Peneliti mendapati minum setidaknya dua cangkir kopi per hari bisa mengusir lemak perut bagian bawah, baik kopi berkafein atau tanpa kafein.

Studi yang dilakukan Anglia Ruskin University itu meyakini bahwa senyawa bioaktif dalam kopi dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa orang menyukai kopi dengan tambahan gula atau krimer supaya cita rasanya makin nikmat.

Tetapi, kalau sedang menempuh proses menghilangkan lemak perut ada baiknya kopi hitamlah yang diminum.

Penelitian yang dipublikasikan di NCBI mendapati kelebihan gula yang ditambahkan dalam kopi telah dikaitkan dengan lemak visceral.

Seperti yang disebutkan Manaker sebelumnya, orang-orang pasti bisa menambahkan krim dan pemanis tertentu dalam secangkir kopi.

Meski begitu, meminumnya secara murni merupakan cara terbaik untuk menjaga kalori tetap rendah sambil tetap menuai manfaat dari kandungan nutrisi kopi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/19/082338820/kopi-hitam-solusi-nikmat-menumpas-lemak-perut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke