Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Korban Perang Ukraina, Eks Astronot NASA Luncurkan Koleksi NFT

KOMPAS.com - Semakin banyak pihak yang menyambut dunia metaverse seiring kemajuan teknologi. Tak terkecuali mantan astronot NASA, Scott Kelly.

Kelly berkolaborasi dengan studio Orange Comet untuk meluncurkan koleksi aset digital atau non-fungible token (NFT) bertajuk "Dreams Out of This World".

Seluruh hasil dari penjualan koleksi NFT ini nantinya akan disumbangkan untuk membantu korban perang di Ukraina.

Koleksi tersebut adalah kumpulan 3.336 NFT yang mencerminkan masa-masa Kelly berada di luar angkasa, sekaligus menunjukkan pandangannya pada planet Bumi.

"Mirip dengan perjalanan ruang angkasa, metaverse mungkin tidak dapat diakses oleh masyarakat saat ini," kata Kelly seperti dilansir laman Hypebeast.

"Melalui koleksi ini, saya bertujuan membuat kedua hal itu tidak hanya bisa diakses, melainkan juga menghidupkan kembali minat masyarakat dengan melihat momen saya di luar angkasa ke dalam blockchain."

"Ini adalah mimpi-mimpi yang menggambarkan pemandangan abstrak Bumi yang hanya dialami sedikit orang dan sudah ditranskripsikan untuk dinikmati khalayak," imbuhnya.

Semasa aktif sebagai astronot, Kelly telah mengorbit atau mengitari Bumi lebih dari 8.300 kali dan menempuh jarak lebih dari 321,8 juta kilometer.

Baik Kelly maupun Orange Comet sepakat untuk menyumbangkan 100 persen hasil penjualan ke Global Empowerment Mission, organisasi nirlaba yang memasok bantuan di Ukraina dan enam negara perbatasan.

Koleksi Dreams Out of This World yang berjumlah total 3.336 unit terbagi atas tiga unit milik sang astronot (flying suit, sarung tangan luar angkasa, dan topi komando), diikuti 3.333 unit yang dijual di OpenSea.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/20/122457020/bantu-korban-perang-ukraina-eks-astronot-nasa-luncurkan-koleksi-nft

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke