Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 3 Hal Penting Saat Olahraga di Bulan Puasa agar Tak Sia-sia

Hanya saja, banyak orang ragu menjalani pola olahraga seperti biasa karena merasa lemas dan tak bertenaga.

Selain itu, seringkali kita kebingungan memilih waktu terbaik untuk menjalani work out tanpa harus merusak ibadah di Bulan Ramadhan ini.

Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Andhika Raspati mengatakan penerapan gaya hidup sehat dan aktif selama puasa sangat penting sehingga perlu dilakukan dengan tepat.

“Ada tiga hal utama yang harus kita perhatiin dalam melakukan aktivitas olahraga saat sedang berpuasa," jelasnya, dalam live Instagram, Selasa (19/04/2022) kemarin.

Pertama adalah asupan makanan yang bernutrisi, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Gunanya untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh termasuk saat sedang berolahraga.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa baik untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot.

Selain itu, penting juga mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Kedua, pemilihan waktu olahraga di Bulan Ramadhan yang dianjurkan menjelang berbuka atau setelah berbuka puasa.

"Tentu dengan menyesuaikan waktu ibadah ya, dan hindari melakukan olahraga di siang hari," tambah Dokter Andhika.

Hal terakhir yang juga penting adaah memilih jenis olahraga intensitas rendah hingga sedang selama bulan puasa. 

Misalnya jalan kaki, joging atau yoga dengan durasi waktu 30-60 menit saja.

Selain tiga hal utama itu, pakar kesehatan ini juga mengingatkan pentingnya memantau kondisi vital tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Contohnya adalah detak jantung dan tingkat saturasi oksigen dalam darah, mengelola stres dan memonitor kualitas tidur.

Informasi tersebut bisa menjadi gambaran kondisi tubuh sehingga kita tahu apa yang perlu dilakukan atau dihindari agar tetap sehat.

Fala Adinda, pegiat olahraga yang juga berprofesi sebagai dokter membenarkan pentingnya berolahraga sembari tetap memantau tanda vital tubuh selagi berpuasa.

Secara pribadi, ia memilih berolahraga sesaat sebelum waktu berbuka puasa selama 30-45 menit.

Untuk memantau kerja tubuh dan kualitas olahraganya, ia memantaunya dengan smartwatch Amazfit GTS 2 mini.

"Supaya olahraga lebih aman dan nyaman selama puasa, Aku memonitor tanda vital tubuh secara berkala dengan perangkat smartwatch kesayangan Aku, yaitu Amazfit GTS 2 mini," katanya.

Jam tangan pintar ini sendiri merupakan produk baru yang hadir dengan desain yang stylish, ringan dan tipis serta kaya fitur kesehatan.

Menurut Fala, berbagai fiturnya ini mampu mendukung gaya hidup sehat dan aktif dengan cara memonitor detak jantung, kadar oksigen dalam darah, sleep monitoring, stress level monitoring hingga jadwal menstruasi perempuan.

Amazfit GTS 2 mini juga memiliki lebih dari 70 mode olahraga, yang bisa dipilih sesuai dengan kegiatan olahraga yang sedang dijalani saat selama Bulan Ramadhan.

Berdasarkan pengalamannya, Fala menilai Amazfit GTS 2 Mini menampilkan data tanda vital tubuhnya dengan sederhana dan mudah dipahami.

Termasuk kemajuan dan pencapaian yang berhasil dilakukannya dengan menu olahrga pilihan seperti detak jantung, kalori, waktu, kecepatan, dll.

Amazfit sendiri memberikan penawaran spesial berupa diskon hingga 55persen atau hemat hingga Rp1.350.000 di Tokopedia ataupun Shopee selama Bulan Ramadhan.

Penawaran ini bisa menjadi cara murah untuk mewujudkan pola hidup sehat yang bisa berlanjut hingga waktu-waktu mendatang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/20/191132120/simak-3-hal-penting-saat-olahraga-di-bulan-puasa-agar-tak-sia-sia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke