Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Kulit Dehidrasi Saat Puasa, Apa yang Harus Dilakukan?

Terkadang, kulit dehidrasi semacam ini dapat menyebabkan kulit mengelupas dan terasa perih jika dibiarkan.

Tak hanya itu, kondisi dehidrasi ini juga dapat membuat kulit terasa kusam dan kasar, membuat kita tak nyaman dan dapat mengurangi kepercayaan diri.

Nah, agar kulit tetap cantik dan tak mengalami dehidrasi saat puasa, brand kosmetik lokal Kitschy Beauty mengklaim mempunyai solusinya.

“Salah satu caranya biar kamu nggak dehidrasi kulitnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari.”

Demikian kata perwakilan Kitschy Beauty yang memanggil dirinya dengan nama "Kitschy" dalam siaran langsung bertajuk "Mencegah Kulit Kering saat Berpuasa" di live Instagram @my.kindoflife, Rabu (20/4/2022)

“Misalnya, kita perlu dua liter air, tapi saat buka tuh biasanya kita lebih milih yang berasa, yang manis-manis gitu kan karena lebih segar."

"Jadi, perbanyak lagi konsumsi air putihnya,” sambung Kitschy.

Lalu, soal menyiasati konsumsi air sebanyak dua liter dalam satu hari meski berpuasa, Kitschy menyebut “jalur ninja”.

Jadi, jika kita memiliki botol minum dengan ukuran 700 ml, kita bisa mengonsumsi satu botol penuh selama sahur, dan dua botol setelah berbuka puasa.

Namun konsumsi air belum cukup. Untuk mendapatkan kulit terhidrasi saat berpuasa, disebutkan, kita tetap memerlukan faktor eksternal.

“Untuk menjaga kelembapan kulit, bisa pakai moisturizer (pelembap) dan sunsceen.”

Demikian ujar pihak Kitschy yang merilis dua produk moisturizer, yaitu Light Cloud untuk kulit berminyak, dan Extra Bounce bagi kulit kering.

Disebutkan juga, pemakaian skincare seperti moisturizer dan sunscreen berlaku bagi siapa pun yang ingin kulitnya terhidrasi dengan baik, termasuk laki-laki.

“Kan skincare itu ada untuk semua orang yang punya skin untuk ‘di-care,’ jadi cowok-cowok juga wajib pakai,” kata Kitschy lagi.

“Apalagi cowok-cowok itu jarang pakai sunscreen, padahal itu wajib. Kulit cowok lebih kering juga disebabkan karena jarang pakai,” lanjut dia.

Lalu terkait seberapa sering kita melakukan reapply (pemakaian ulang) skincare seperti moisturizer dan sunscreen saat berpuasa, Kitschy merekomendasikan ini berdasarkan kondisi kulit.

“Kalau kulit kering, pakainya lebih sering dibanding kulit berminyak."

"Kulit berminyak itu berarti oily, nanti nggak enak dipakainya kalau terlalu sering,” kata dia.

Lalu jika berwudhu sebelum shalat, sebaiknya lakukan pemakaian ulang skincare dari tahap awal dan selalu melakukan reapply setelah selesai shalat.

“Jadi habis wudhu kita reapply lagi. Lalu kalau wudhu kan ibaratnya sudah membasuh muka, jadi harus diulang dari step awal, pakai moisturizer dulu lalu sunscreen."

"Tapi kalau nggak dari wudhu, bisa sunscreen saja.” 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/21/010000820/cegah-kulit-dehidrasi-saat-puasa-apa-yang-harus-dilakukan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke