Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanda Ini Bisa Jadi Indikasi Pasangan Selingkuh

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Selingkuh adalah perbuatan tak terpuji yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berkhianat terhadap pasangannya.

Bagi orang yang diselingkuhi, tindakan ini tentu bisa membawa dampak buruk, seperti trauma.

Tindakan ini kebanyakan dilakukan secara diam-diam. Namun, bak bangkai yang lama-lama tercium baunya, selingkuh juga dapat terbongkar lewat perubahan gelagat pasangan.

Hal ini juga dirasakan oleh tokoh Arum dalam audio drama siniar Obrolan Meja Makan bertajuk "Aku Kurang Apa? Part 2". Ia merasakan bahwa suaminya berubah.

Lelaki itu jarang sekali memperhatikan Arum. Bahkan, saat di rumah, suaminya justru mengabaikan Arum.

Peristiwa yang dialami Arum patut dicurigai sebagai tanda-tanda bahwa pasangan kita selingkuh. Lantas, adakah tanda lainnya yang perlu kita waspadai?

1. Sering Pergi Tanpa Alasan yang Jelas

Salah satu tanda yang patut dicurigai adalah lebih sering menghabiskan waktu di luar daripada di rumah. Bahkan, pada hari libur sekali pun.

Biasanya dalih yang mereka gunakan adalah perjalanan bisnis atau pekerjaan penting. Akan tetapi, nyatanya mereka justru menghabiskan waktu berduaan dengan orang ketiga.

Patut dicurigai juga kalau pasangan kita melakukannya dalam frekuensi yang cukup sering. Selain itu, saat kita ingin menemaninya, ia akan secara terang-terangan marah dan menolak.

2. Menjadi Lebih Posesif dan Sensitif

Lauren Peacock, seorang Ahli Hubungan, mengatakan bahwa pasangan yang selingkuh akan lebih posesif terhadap kita. Bahkan, sering kali kita yang dicurigai selingkuh.

Ia juga akan lebih sensitif saat kita menyentuh benda-benda pribadinya, seperti handphone. Hal ini terjadi karena pasangan takut kalau hubungan diam-diamnya terbongkar.

3. Mengubah Cara Berkomunikasi

Mengutip Verywellmind, perubahan cara komunikasi menjadi lebih renggang bukanlah sebuah tanda baik dalam hubungan. Biasanya, pasangan yang selingkuh hanya akan menjawab pertanyaan kita sekenanya.

Ia juga jarang mengungkapkan rasa sayang. Selain itu, pasangan jadi sering sekali menyalahkan kita saat sedang menanyakan sesuatu. Bahkan, terkadang ia hanya memberikan tanggapan pasif saat kita sedang bercerita.

Namun, ada pula pasangan seperti Aris dalam drama "Layangan Putus" yang mampu menutupi perselingkuhannya dengan tetap berlaku manis. Jadi, kita harus tetap ekstra hati-hati.

4. Sering Memperlihatkan Kebohongan Kecil

Salah satu tanda pasangan selingkuh adalah berbohong. Biasanya, hal ini ditandai dengan kebohongan-kebohongan kecil.

Misalnya, saat ditanya telat pulang ke rumah, ia menjawab urusan kantor yang mendesak. Selain itu, ia juga selalu akan beralasan kenyang saat diajak makan malam.

Apabila jawaban tersebut diutarakan sekali-dua kali, maka hal itu bukanlah sebuah masalah. Namun, jika ia menjawab dengan frekuensi yang sering, hal itu patut dicurigai.

5. Berkurangnya Kedekatan Emosi

Setelah beberapa tahun, mungkin suatu hubungan tak akan seintens seperti bulan-bulan pertama. Namun, hal ini bisa tetap terjaga lewat kedekatan emosi yang dimiliki kedua pasangan.

Mengutip PsychologyToday, kedekatan emosi ini dapat dilakukan dengan saling percaya. Namun, saat kita sudah mulai menerima sinyal yang mencurigakan, artinya kedekatan emosi pun menurun.

6. Menghindari Topik Perselingkuhan

Pasangan yang selingkuh biasanya tak nyaman apabila kita berbicara tentang topik itu. Daripada menanggapi dengan bijak, mereka justru mengalihkan topik pembicaraan.

Bahkan, sering kali kita disalahkan karena memulai topik pembicaraan tersebut. Padahal, sebenarnya ia sedang merasa takut kalau tindakannya itu terbongkar.

Dengarkan secara lengkap kisah perjuangan Arum untuk lepas dari suaminya yang selingkuh dalam audio drama siniar Obrolan Meja Makan bertajuk "Aku Kurang Apa? Part 2" di Spotify. Ikuti juga siniarnya agar kalian selalu terinfo tiap ada episode terbaru!

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/21/210000820/6-tanda-ini-bisa-jadi-indikasi-pasangan-selingkuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke