Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Bumi 2022: Membeli Barang Preloved Bisa Bantu Selamatkan Bumi

KOMPAS.com - Memperingati Hari Bumi pada 22 April 2022, kita dapat berkontribusi lestarikan lingkungan dan selamatkan bumi dengan membeli produk preloved.

Preloved adalah sebutan untuk produk fesyen seperti tas, sepatu, pakaian dan lain sebagainya yang pernah dipakai orang lain. Biasanya barang-barang yang dijual merupakan produk dari brand ternama.

Meskipun second hand, barang preloved juga dikenal akan kualitasnya, karenanya kerap dijual dalam kondisi bagus, layak pakai dan harganya terjangkau.

Dengan membeli produk preloved, kita dapat memperpanjang usia dari pemakaian barang sehingga bisa mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan.

Menurut laporan Ellen MacArthur Foundation, setiap tahun lebih dari 500 miliar dollar AS atau Rp 7,2 triliun terbuang dikarenakan konsumen membuang baju yang masih bisa dipakai dan juga karena daur ulang tidak terlaksanakan dengan baik.

Memilih untuk membeli baju preloved adalah salah satu cara bijak dan berkelanjutan untuk berbelanja dan memperpanjang usia pakai baju yang kita miliki.

"Laporan terkini telah menyatakan bahwa planet kita hanya memiliki 3-5 tahun untuk diperbaiki," ungkap Kharisma Murti, Kepala Pemasaran Carousell Indonesia dalam keterangan persnya.

"Urgensi untuk bergerak sekarang dan menyelamatkan Bumi sangatlah penting sekarang."

Peminat barang preloved semakin meningkat

Berdasarkan data analisa dan perilaku konsumen dalam mencari barang preloved, platform dagang Carousell mencatat ada kenaikan peminat barang bekas tersebut.

Ditemukan bahwa pelanggan atau konsumen yang berusia 18-24 tahun meningkat 69 persen untuk mencari barang preloved.

Individu berusia 54 tahun ke atas memiliki kecenderungan untuk mencari barang preloved, menunjukan ketertarikan mereka terhadap barang preloved dibanding barang baru dengan perbedaan yang mencapai 96 persen.

Di antara tahun 2020 sampai 2021 khususnya di masa pandemi, daftar barang preloved di Carousell telah tumbuh lebih dari 100 persen dengan kategori fesyen wanita, fesyen pria dan barang bayi menjadi kategori unggulan.

Sejumlah merek fast fashion seperti Zara, H&M dan Coach cukup mendominasi sebagai barang preloved yang paling dicari di platform tersebut.

Pada konsumen yang berusia 18-24 tahun, barang-barang dari merek Zara, H&M dan Uniqlo cukup diminati. Sementara untuk usia 25-34 tahun gemar mencari Zara, H&M dan Coach.

Pada pelanggan di usia lebih tua, 45 - 54 tahun, merek yang paling sering dicari adalah Zara, Coach dan Uniqlo.

Dari kenaikan minat akan produk preloved ini, bisa dikatakan ini adalah salah satu langkah yang bisa kita lakukan untuk memperpanjang usia pakai dari barang fast fashion tersebut.

Secara tidak langsung kita juga berperan dalam mengurangi limbah tekstil dari industri fast fashion yang sulit terurai, boros energi hingga berdampak buruk bagi lingkungan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/22/153540820/hari-bumi-2022-membeli-barang-preloved-bisa-bantu-selamatkan-bumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke